EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA.1 SMA NEGERI 1 KINALI

Mirdayanti Mirdayanti

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi  di kelas XI IPA.1 SMA Negeri 1 Kinali. Manfaat dari penelitian ini sebagai bahan masukan bagi guru biologi lainnya dalam meningkatkan minat belajar biologi bagi siswa sehingga tujuan pembelajaran biologi dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang pada tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Objek penelitian adalah siswa kelas XI IPA.1 SMA Negeri 1 Kinali semester Juli – Desember 2015 yang berjumlah 31 orang. Alat yang digunakan untuk penelitian ini adalah lembar obervasi yang berbentuk daftar tally yang memuat indikator minat. Hasil penelitian terhadap minat siswa dalam proses pembelajaran bilogi diolah menggunakan rumus persentase P=(F/N)X100%. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya peningkatan minat belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share. Persentase minat belajar biologi siswa pada siklus I sebesar 61% dan pada siklus II naik menjadi 79%, berarti terjadi peningkatan minat belajar biologi siswa dengan menggunakan Model pembelajaran Think Pair Share dari siklus I ke siklus II sebesar 18%. Berdasarkan hasill penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Pair-Share dapat meningkatkan minat belajar biologi siswa Kelas XI IPA.1 di SMAN 1 Kinali.


Kata Kunci


Kata Kunci: Model Pembelajaran Think-Pair-Share, Minat Belajar, Mata Pelajaran Biologi

Teks Lengkap:

PDF (INDONESIA)

Referensi


Anita, Lie. 2004. Cooperative Learning Mempraktekkan di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : PT. Grasindo.

Arikunto, Suharsimi, 2003.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Djamarah, Bahri Syaiful, 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar.2003. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, Elizabeth. 1999. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga

Slameto.1988. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suhardjono. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, Muhibbin. 1992. Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Pers

Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/mp.v3i1.278

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright ©2016 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan


Creative Commons License
Jurnal Menajemen Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. All rights reserved. e-ISSN 2548-4834 | p-ISSN 2548-4826