PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMAN BUKITTINGGI

Majidah Khairani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif investigasi. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dan berbentuk ”Randomized Control Group Only Design”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X5 dan kelas X2 SMAN 2 Bukittinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah dikelas eksperimen 78 dan kelas kontrol 69,59.  Nilai Simpangan baku pada kelas eksperimen lebih kecil dibanding dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa nilai pada kelas eksperimen lebih menyebar mendekati rata-rata dibanding dengan kelas kontrol. Melalui uji statistik beda rata-rata dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Investigasi lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas X SMAN 2 Bukittinggi tahun pelajaran 2014/2015.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v1i2.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 Creative Commons License
JKPS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License