PERJALANAN KARIR GURU DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DI MTs WAHID HASYIM BATANG

Failasuf - Fadli

Abstract


Guru merupakan salah satu tenaga kependidikan yang mempunyai peran sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan tujuan pendidikan, karena guru yang langsung bersinggungan dengan peserta didik, untuk memberikan bimbingan yang akan menghasilkan tamatan yang diharapkan. Guru merupakan sumber daya manusia yang menjadi perencana, pelaku dan penentu tercapainya tujuan organisasi. Guru merupakan tulang punggung dalam kegiatan pendidikan terutama yang berkaitan dengan kegiatan proses belajar mengajar. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan sebagai objek penelitian yaitu: Bagaimanakah manajemen pengembangan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Wahid Hasyim? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi proses pengadaan guru, untuk mengungkap proses penempatan guru, untuk memaparkan proses pembinaan guru, untuk menemukan proses pemberian kompensasi kepada guru, dan Menerangkan proses pemberhentian guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sumber data penelitian primernya adalah kepala madrasah, pengurus yayasan, dan guru sedangkan sumber data sekundernya adalah staf administrasi, dan peserta didik. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yakni; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk metode analisis datanya adalah menggunakan analisis induktif. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Manajemen Pengembangan Guru di MTs Wahid Hasyim belum maksimal sehingga masih perlu adanya pembenahan-pembenahan

Keywords


Manajemen, Karir, Guru, Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Ali, Moh., Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi, Bandung: Angkasa, 1984.

Arikunto,Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Azwar, Saifudin, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Danim, Sudarwan, Prof. Dr. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, Bandung : Alfabeta, 2010.

DIKNAS, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Ke IV, Jakarta: Gramedia, 2008.

John M. Echlos, Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta : Gramedia 2005

Kementerian Agama Republik Indonesia, Pengembangan Kepemimpinan Madrasah , Jakarta, 2009.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Manajemen Berbasis Madrasah I, Jakarta, 2009.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Manajemen Berbasis Madrasah II, Jakarta, 2009.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Disain Pengembangan Madrasah, Jakarta, 2005.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Quality Assurance pada Madrasah, Jakarta, 2009.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah, Jakarta, 2005.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Panduan Pengembangan ciri khasMadrasah, Jakarta, 2005.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Panduan Perencanaan & Pengembangan Madrasah, Jakarta, 2005.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Standar Pelayanan Minimal Madrasah Tsanawiyah, Jakarta, 2005.

Marlina, Leny. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Pendidikan. Jurnal Istinbath. Vol XIV. No. 15.

Ma’mur, Asmani Jamal, Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan, Yogyakarta: Divapress, 2004

Mulyasa E., Manajemen berbasis Sekolah, Jakarta: Rosda, 2004.

Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2009.

Nova Listanti, Ayuan. 2014. Rekrutmen dan Seleksi Guru di SMA Al-Islam Krian. Jurnal Inspirasi manajemen pendidikan, Vol. 4 No. 4.

Nurtanto, Muhammad. 2016. Mengembangkan Kompetensi profesionalisme Guru Dalam menyiapkan Pembelajaran Yang bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi pendidikan. Universitas Negeri Surakarta

Sagala Syaiful, , Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat, Jakarta : Nimas multima, 2004.

Salis, Edward, Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Semarang: Ircisod,2011.

Samsuardi. 2017. Manahemen pengembangan Sumber Daya Guru Pada Lembaga Pendidikan Madrasah. Jurnal Ar-Raniry.

Soebagio AD Manajemen Training. (Jakarta: Balai Pustaka, 1993)

Yusri Bachtiar, Muhammad. 2016. Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol VI. No 3.

Wardani, IG.A.K. 2012. Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru kajian Konseptual dan operasional. Jurnal Pendidikan. Vol. 13 No. 1.

Wartini dan nani Imaniyati. 2018. Kompensasi dan komitmen Organisasional Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 2.

Zaki, Muhammad dan M. Zahrul Jihad. Pelaksanaan manajemen Personalia Sekolah di SMA darul Ulum 2 BPPT Jombang. Dirasat Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam. Vol 2 No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v4i1.363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 Creative Commons License
JKPS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License