EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABOR IPA DI SMA NEGERI 1 LUBUK ALUNG

El Basthoh, najmi hayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pemanfaatan  laboratorium IPA SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Populasi pada penelitian ini adalah siswa yang telah pernah menggunakan labor IPA di SMA Negeri 1 Lubuk Alung, guru IPA dan pengelola laboratorium IPA dengan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling. Pengumpulan data  dilakukan  melalui angket untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan labor IPA. Analisis dan pembahasan dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh temuan penelitian bahwa pemanfaatan laboratorium IPA SMA Negeri 1 Lubuk Alung secara keseluruhan mendapatkan skor sebesar 78,0 % yang tergolong kategori efektif.

 


Keywords


Effectiveness, Labor Science

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah SB & Zain A. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Richard Decaprio. 2013. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Rosdakarya. Ibrahim, Bafadal. (2008). Manajemen Perlengkapan Sekolah:Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Saleh H, Emha. (2006). Pedoman Penggunaan Laboratorium Sekolah. Bandung: Remaja.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Sekolah efektif Konsep Dasar & Praktiknya. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Suprayitno, T. 2010. Panduan Teknis Perawatan Peralatan Laboratorium Kimia SMA. Jakarta: Erlangga.

Syaiful, Sagala. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Usman Samatowa. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v4i2.416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 Creative Commons License
JKPS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License