PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN MATAKULIAH USAHATANI ”SI-CANTIK” PADA PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
Abstract
Media pembelajaran merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran. Perkembangan teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk mendesain media pembelajaran kekinian, seperti yang telah dilakukan oleh tim pengampu matakuliah usahatani di Program Studi Agribisnis Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Dosen pengampu mendesain media pembelajaran berbasis teknologi informasi, dengan nama Si-Cantik (Sistem Informasi Perencanaan Usahatani Lahan Kering). Media ini telah diaplikasikan pada matakuliah usahatani semester ganjil 2019/2020. Dalam rangka mengetahui persepsi atau penilaian mahasiswa terhadap media pembelajaran ini, maka dilakukan survey dengan menggunakan 7 indikator. Jumlah sampel sebanyak 33 orang. Hasil analisis menunjukkkan, sebagian besar responden menyetujui bahwa media pembelajaran Si-Cantik dapat memberikan pemahaman yang lebih detail tentang materi perencanaan usahatani, dan dapat meningkatkan keterampilan dalam pembuatan perencanaan usahatani.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. Wanastra. 10(2) : 105-110
Amelia, T. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Studi Persepsi Dan Harapan Dosen Dan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. EcoGen . 1(1) : 107-114
Astuti, R.I.P., Anselmus J.E.T., dan Arafah H. Persepsi Mahasiswa Teknologi Pendidikan Angkatan 2016 Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Pada Matakuliah Pengembangan Media Foto (Fotografi). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 1(1) : 43-52.
Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hussain, F. (2013). E-Learning 3.0 = E-Learning 2.0 + Web 3.0? IOSR. Journal of Research & Method in Education. 3(3). 39-47
Istiqlal, A. 2018. Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Dan Mengajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah. 3(2) : 139-144.
Kamsinah. 2008. Metode dalam Proses Pembelajaran : Studi tentang Ragam dan Implementasinya. Lentera Pendidikan, Vol. 11(1) : 101-114
Karo-Karo I.R., dan Rohani. 2018. Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom. 7(1) : 91-96.
Lase, D. 2019. Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. https://www.researchgate.net/publication/335463788_PENDIDIKAN_DI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40
Lestari, E. dan JD. Jaya, 2017. Persepsi Mahasiswa Terhadap Proses Pembelajaran Berbasis Internet (Pra Elearning) Pada Program Studi Teknologi Industri Pertanian Politeknik Negeri Tanah Laut. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains PPs Unesa 2017 Surabaya, 14 Januari 2017
Pangestu, B.A., (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Pendidikan. Makalah disampaikan pada saat Seminar Nasional Pendidikan – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Umar, 2014. Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, Vol. 11(1) : 131-144
Uno, H.B., dan Lamatengngo, N. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v5i1.446
Refbacks
- There are currently no refbacks.