PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IX MTsN 8 PESISIR SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Yanti Nazmai Eka Putri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar  siswa kelas IX MTsN 8 Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar pada kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IX MTsN 8 Pesisir Selatan yang menerapkan metode Problem Solving lebih baik daripada hasil belajar pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN 8 Pesisir Selatan yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah IX.1 sebagai kelas eksperimen dan IX.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak dengan bantuan Software SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf kepercayaan α = 0,05 dan hasil dari uji hipotesis diperoleh P-value sama dengan 0,000 artinya lebih kecil dari α = 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan metode problem solving lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX MTsN 8 Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2018-2019 dengan tingkat kepercayaan 95%.


Full Text:

PDF

References


Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2006. Sosialisasi Kuri-kulum Tingkat Satuan Pendi-dikan. Jakarta: Depdiknas

Anas Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Anita Lie. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo

Depdiknas. (2001). Penyusunan Butir Soal dan Instrumen Penilaian. Jakarta:

Depdiknas.

Ellizar Jalius. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran. Padang : UNP Press.

Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Fadjar Shadiq. (2009). Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Muliyardi. (2002). Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: FMIPA UNP.

Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwadarminta. (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Puji Iryanti. (2004). Penilaian Unjuk Kerja. Yogyakarta: Depdiknas.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

. (2010). Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penulis. (2008). Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir Skripsi. Padang: UNP.




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v5i1.472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.