HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN MAHASISWA STKIP YDB

Reni Nastuti, Lelfita Lelfita

Abstract


Masif dan semakin kompleknya permasalahan lingkungan hidup menjadi hal penting dan mendesak untuk semakin mengerakan prilaku ramah lingkungan, pada setiap lapisan masyarakat, termasuk mahasiswa, agar permasalahan lingkungan dapat teratasi. Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji hubungan pengetahuan lingkungan terhadap prilaku ramah lingkungan mahasiswa STKIP YDB Lubuk Alung. Karena masih sangat minim perilaku peduli lingkungan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif dengan teknik korelaside dengan mengunakan uji t. Hasil penelitian menggambarkan bahwa mahasiswa memiliki pengetahuan yang tinggi tentang lingkungan di mana 82 % memiliki nilai pada rentangan 100-78 dan memiliki prilaku lingkungan yang rendah, hal ini ditunjukan dengan data hasil angket 30 % yang selalu berprilaku ramah lingkungan baik dikampus maupun di rumah. Berdasarkan analisis data hubungan pengetahuan lingkungan dengan prilaku lingkungan  didapatkan bahwa t hitung sebesar 0,6819 dan t tabel sebesar 1,658 pada taraf signifikan 5% dan Hasil penelitian menyatakan tidak terdapat hubungan antara pengetahuan lingkungan dengan  Prilaku lingkungan.

 


Keywords


Kata Kunci: Pengetahuan ,Prilaku,Ramah Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Akhmad Kurnia N,Muh. Khalifah Mustami, M. W. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan dan Penerimaan Informasi Dengan Sikap dan Perilaku Peserta Didik Terhadap Lingkungan Hidup Correlation of Knowledge and Acceptance of Information With The Attitude and Behavior of Learners To The Environment. 177–182.

Azmi, F., & Elfayetti, E. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Geografi, 9(2), 125. https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6901

Iswari, R. D., & Utomo, S. W. (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35. https://doi.org/10.14710/jil.15.1.35-41

Julina. (2016). Analisis Pengetahuan Lingkungan Dan Perilaku Ramah Lingkungan Berdasarkan Gender Dan Tingkat Pendidikan Di Kota Pekanbaru. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 15(2), 232. https://doi.org/10.24014/marwah.v15i2.2650

Nurhafni, N., Syahza, A., Auzar, A., & Nofrizal, N. (2019). Strategi Pengembangan Program Sekolah Adiwiyata Nasional di Tingkat SMA Kota Pekanbaru. Dinamika Lingkungan Indonesia, 6(1), 45. https://doi.org/10.31258/dli.6.1.p.45-54

Rahmawati, I. dan M. Suwanda. (2015). Upaya pembentukan perilaku peduli lingkungan siswa melalui sekolah adiwiyata di SMP negeri 8 Surabaya. Jurnal kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1, 71-78.

Septian, Y., Ruhimat, M., & Somantri, L. (2016). PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN PESERTA DIDIK SMA DI KOTA BANDUNG. Jurnal Pendidikan Geografi, 16(2), 71–81. https://doi.org/10.15408/sd.v3i2.4386




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v5i2.541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.