PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DI SMP NEGERI 11 PRABUMULIH

Rusnita Rusnita, Yasir Arafat, Mulyadi Mulyadi

Abstract


This study aims to determine and describe the effect of principal leadership and teacher work motivation together on the work discipline of teachers at SMP Negeri 11 Prabumulih. This study uses a quantitative method with a correlational approach (cause and effect). Data were analyzed using multiple linear regression analysis. The research got the conclusion (1) There is an effect of the principal's leadership on the work discipline of teachers at SMP Negeri 11 Prabumulih. (2) There is an effect of teacher work motivation on teacher work discipline at SMP Negeri 11 Prabumulih. (3) There is an influence of the leadership of the principal and the work motivation of teachers together on the work discipline of teachers at SMP Negeri 11 Prabumulih

Full Text:

PDF

References


Arafat, Yasir. 2016. Manajemen Humas Untuk Meningkatkan Kredibilitas Sekolah. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan.

Ardiana, T. E. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, Hal. 14-23.

Arikunto, S. 2000. Peraturan dan Tata Tertib. Jakarta: Reneika Cipta.

Davies, H. 2003. Human Behavior at Work Organization Behavior. New Delhi: McGraw Hill Publishing Company.

Hasibuan, M. S. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Khairani, Efendi, dan Saputra. 2018. Analisis Kepemimpinan Interpersonal Kepala Madrasah kepada Guru dan Staf Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Timur.

Permendikbud Nomor 13 tahun 2007 tentang Kepala Sekolah.

Purwanto, Erwan. 2012. Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Rahayu. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Interpersonal, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Budaya Kerja Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja dengan Motivasi Kerja Guru Sebagai Variabel Moderat.

Renata. 2018. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Terhadap Evektivitas Guru (Tesis). Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Riastuti. 2017. Pengaruh Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja Guru Pai Terhadap Kinerja Guru PAI Di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Sukoharjo (Tesis). Sala Tiga: Universitas IAIn Sala Tiga.

Rifaldi & Roesminingsih. 2017. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di Smk Adb Invest Se-Kota Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4 No. 4, April 2014, hlm.122-133.

Riyadi, S. 2019. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal Di Kota Pekalongan.Jurnal Litbang Kota Pekalongan Vol. 13 Tahun 2019.

Robbins, S. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Sandra, I. K. 2012. Hubungan Antara Manajemen Waktu dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Persona. Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 217-222.

Setiyati, S. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 200-207.

Sunarto, M. S. 2001. Manajemen Pendidikan Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan yang Unggul (Tinjauan Umum dan Islam). Lombok: Holistica.

Suwarto. 2009. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wihartuti. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja SMP Negeri di Kabupaten Pemalang. Jurnal Penelitian.

Yenny. 2018. Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Pada Yayasan Pendidikan Imanuel Palu. Jurnal Katalogis, Volume 6 Nomor 2 Februari 2018. hal. 98-105.




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v6i1.566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright 2016 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. All rights reserved. e-ISSN 2502-6445 | p-ISSN 2502-6437