PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INKLUSI TINGKAT SMA DAN SMK DI PROVINSI SUMATERA BARAT

Aulia Rahmi, Damri Damri

Abstract


Penelitian ini berawal dari temuan peneliti yang menunjukkan adanya masalah dalam pelaksanaan pembelajaran inklusi di SMA dan SMK di Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan mengkaji kesesuaian Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 dengan pelaksanaan pembelajaran di sekolah.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Setting penelitian pada 4 SMA dan SMK di Sumatera Barat, dengan informan terdiri atas 10 orang, 1 orang kepala sekolah, 2 orang wakil kurikulum, 3 orang guru mata pelajaran, 2 orang guru BK, dan 2 orang GPK dari empat SMA dan SMK berbeda. Hasil penelitian mendapatkan tiga temuan umum dan empat temuan khusus. Yaitu pelaksanaan identifikasi, asesmen, PPI, kurikulum fleksibel, evaluasi dan penilaian hasil belajar. Kendala yang ditemui dikelompokkan menjadi empat bagian, dari pemerintah, dari pimpinan sekolah, dari guru, dan dari peserta didik. Pemerintah telah mengeluarkan pedoman yang berisi panduan dan ketetapan. Ternyata hasilnya tidak sesuai dengan fenomena dilapangan, dan terjadi paradox (tidak sesuainya harapan dengan kenyataan yang terjadi). Oleh karena itu peneliti sarankan hendaknya penyelenggaraan pembelajaran inklusif di SMA dan SMK konsisten mengimplementasikan Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009. Jika penyelenggara pembelajaran inklusi tidak konsisten. Pelaksanaan pembelajaran inklusi hanya sekedar angan-angan saja.

Full Text:

PDF

References


Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Damri. (2019). Panduan Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Menengah Pertama (I. C. Gunawan (ed.); I). CV. IRDH Malang.

Dedy, K. (2012). Pendidikan Inklusi & Implementasinya (I). PT Luxima Metro Media.

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Pendekatan Psikoedukasional (Ed. revisi). PADANG : UNP PRESS.

Persada, H. J., & Efendi, M. (2018). Studi Kasus Implementasi Layanan Pendidikan Inklusif di Kota Madiun. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 4(1), 7–11. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p007.

Prastiyono. (2013). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif. Jurnal Administrasi Publik, 11(1), 117–128.

Sopandi, A. A. (2013). Pengembangan Kurikulum bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di SMK Negeri 4 Padang dalam Setting Pendidikan Inklusif. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIII(1), 1–9. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/download/2217/1838.

Sugiyono. (2017). Download metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r & d sugiyono pdf Click here to get file. 380.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Taufan, J., & Mazhud, F. (2016). Kebijakan-Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Sekolah X Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v6i1.576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright 2016 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. All rights reserved. e-ISSN 2502-6445 | p-ISSN 2502-6437