PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANUHAMPU

Tiara Fikriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode everyone is a teacher here terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu. Jenis penilitian ini adalah Penelitian korelasional yang bertujuan untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan koefisien korelasinya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu dengan kelas VIII6 terambil sebagai sampel. Hipotesis dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran everyone is a teacher here berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Banuhampu. Berdasarkan data yang diperoleh dilakukan uji normalitas dengan menggunakan  uji  lilliefors,  ternyata  dari  uji  normalitas  yang  dilakukan terhadap  galat  dari  sebaran  data  X  dan  sebaran  data  Y  berdistribusi  normal. Selanjutnya  dilakukan  analisis  koefisien  korelasi  dan  koefisien  determinasi ternyata  diperoleh korelasi  (r)  yaitu  0,97  sedangkan  koefisien  determinasi  (r2) yaitu 0,9409  dimana  berdasakan kriteria pengujian terdapat korelasi sangat positif. Ini dapat diartikan bahwa 94,09% pengujian hipotesis diterima pada taraf 95%. Terakhir dengan melakukan  pengujian  hipotesis,  dari  perhitungan  diperoleh  thitung 21,487 > ttabel= 2,042 yang berarti hipotesis diterima. Maka berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulakan terdapat pengaruh pembelajaran dengan metode everyone is a teacher here

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v2i2.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

 Creative Commons License
JKPS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License