PENGEMBANGAN BUKU AJAR GEOGRAFI DESA-KOTA MENGGUNAKAN MODEL ADDIE

Authors

  • Intan Dwi Rahayu STKIP Pesisir Selatan
  • Taufik Abdul Hasan Amrullah STKIP Pesisir Selatan
  • Ramadhani Ramadhani STKIP Pesisir Selatan
  • Septiana Vratiwi STKIP Pesisir Selatan
  • Desi Eka Putri STKIP Pesisir Selatan
  • Sefrinal Sefrinal STKIP Pesisir Selatan

DOI:

https://doi.org/10.34125/jkps.v8i4.111

Keywords:

Pengembangan, Buku Ajar, Model ADDIE

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan buku ajar Geografi Desa-Kota serta mengetahui tingkat kelayakannya menggunakan model ADDIE. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di STKIP Pesisir Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Program Studi Pendidikan Geografi seluruh angkatan (Pesisir Selatan) yang berjumlah 40 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan melihat syarat-syarat sebagai berikut;1) Seluruh mahasiswa tersebut telah menempuh matakuliah Geografi Desa Kota; 2) mahasiswa diampu oleh dosen yang sama. Berdasarkan syarat-syarat tersebut maka kelas uji coba produk adalah semester 4 sebanyak 25 orang. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan langkah-langkah pengembangan model ADDIE: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implentation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi).Teknik analisis data untuk menganalisis kelayakan buku ajar Geografi Desa-Kota adalah dengan menggunakan rumus deskriptif persentase. Hasil analisis data dalam penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan angka persentase sebesar 68,56 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kelayakan Buku Ajar Geografi Desa-Kota yang dikembangkan berada dalam kategori layak dijadikan sebagai media pembelajaran.

 

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Dwi Rahayu, I., Abdul Hasan Amrullah, T., Ramadhani, R., Vratiwi, S., Eka Putri, D., & Sefrinal, S. (2023). PENGEMBANGAN BUKU AJAR GEOGRAFI DESA-KOTA MENGGUNAKAN MODEL ADDIE. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 8(4). https://doi.org/10.34125/jkps.v8i4.111

Issue

Section

Articles