PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 1 RANAH PESISIR

Lili Rismaini, Melia Roza

Abstract


Hasil belajar matematika yang diperoleh siswa SMPN 1 Ranah Pesisir Masih rendah. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Selain itu, kurangnya penguasaan materi prasyarat juga merupakan salah satu kendala yang ikut mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat  dilakukan untuk mengatasi adalah dengan menggunakan Model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian dilakukan dua kelas yang dikelompokkan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas  eksperimen pembelajaran dilakukan dengan menggunakan Model pembelajaran Think Pair Share , sedangkan pada kelas Kontrol pembelajaran dilakukan dengan menggunakan Model Konvensional. Data penelitian diperoleh dari hasil tes belajar yang analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil analisi data menunjukkan bahwa kemampuan   pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan Model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dari pada siswa yang pembelajaran menggunakan model konvensional

Keywords


Think Pair Share, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1996. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (1991). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 22, 23, 24. Jakarta:Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Irinto, Agus.2010. Statistik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Muslimin ibrahim. 2005. Asesmen berkelanjutan: konsep dasar, tahapan pengembangan.

Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standars for School.

Mathematics. Reston, VA: NCTM Permen Diknas No 20 tahun 2007. Penjelasan Standar proses.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Pt. Rajagrafindo Persada.

Ruseffendi. 1991. Dasar-dasar Matematika Modern. Bandung: Tarsito

Sudjana, 1992. Metode Staistik. Bandung: Tarsit.

Turmudi (Ed) (2011). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, UPI Bandung: JICA, FPMIPA-UPI

Walpole, Ronald E. 1993. Pengantar Statistika Edisi ke-3. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Whandi. 2008. Pembelajaran Konstruktifistik. http://whandi.net. Html




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v4i1.362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.