Manajemen Kesiswaan dalam Mengatasi Perilaku Bullying pada Peserta Didik di SDN 115 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.34125/jkps.v9i3.394Keywords:
Manajemen kesiswaan, Bullying, Palembang, Sekolah dasarAbstract
Keberhasilan dalam penyelenggaran lembaga pendidikan tak lepas pengaruhnya dari manajemen komponen- komponen pendukung kegiatan pendidikan, seperti kurikulum, peserta didik, pembiayaan, tenaga pelaksana, dan sarana prasarana Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kesiswaan dalam mengatasi perilaku bullying di SDN 115 Palembang Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 115 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan penelitian lapangan (field research). Objek dalam penelitian ini adalah manajemen kesiswaan dan mengatasi perilaku bullying). Informan yang dapat membantu dalam pengumpulan data yaitu kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, guru kelas, dan peserta didik di SDN 115 Palembang Hasil penelitian ini dilakukan dengan menentukan perencanaan manajemen kesiswaan dalam mengatasi perilaku bullying dan menentukan pertimbangan sebelum membentuk perencanaan manajemen kesiswaan dalam mengatasi bullying. Perencanaan manajemen kesiswaan yang dilakukan yaitu: 1) membuat rencana untuk menerapkan penyuluhan atau sosialisasi mengenai bullying; 2) merencanakan pendekatan kepada peserta didik dengan menjalin komunikasi yang baik serta menunjukkan rasa peduli yang tinggi kepada masyarakat sekolah; dan 3) merencanakan membuat kegiatan anti bullying yang dapat dilakukan dengan membuat aturan- aturan yang tegas mengenai perilaku bullying.
References
Adawiyah, R., Dirgayunita, A., Hidayah, U. & Soliha, I, A. (2023). Menciptakan Lingkungan Sekolah Aman tanpa Perundungan dan Grooming. Development: Journal of Community Engagement, 2(1), 1-7.
Adiyono., Irvan., Rusanti. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al- Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649- 658.
Afiyani, I., Wiarsih, C., Bramasta, D. (2019). Identifikasi Ciri- Ciri Perilaku Bullying dan Solusi untuk Mengatasinya di Sekolah. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 5(3), 21-25.
Amalia, A, K. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Mereduksi Perilaku Bullying di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Analiya, T, R. & Arifin, R. (2022). Perlindungan Hukum Bagi Anak dalam Kasus Bullying Menurut Undang- Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak di Indonesia. Journal of Gender And Social Inclusion in Muslim Societies, 3(1), 1- 54.
Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Angin, L, M, P., et al. (2022). Implementasi Manajemen Pengelolaan Kelas di Sekolah. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Ansori, W, L. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Perilaku Bullying pada Siswa MTS N 3 Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Asnani., Astuti., Dwiyama, F., Majid, J. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 4 Awangpone Kabupaten Bone. Jurnal Mappesona, 6(1), 12- 23.
Astuti, P, R. (n.d). Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan pada Anak. Jakarta: PT Grasindo.
Bhismantara, B. S., Iskandar, M. Y., Wijayanti, H. T., Widiastuti, A., Wulandari, T., & Rokhim, H. N. (2024). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 74–80. https://doi.org/10.34125/jmp.v9i1.80
Bete, M, N. & Arifin. (2023). Peran Guru dalam Mengatasi Bullying di SMA Sasitamean Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 15-25.
Boix, C. & Stokes, S, C. (2021). Penelitian Lapangan: Handbook Perbandingan Politik. Terjemahan Rizal. Jakarta: Nusamedia.
Daharis, A., Rizal, D., Stiawan, T., & Iskandar, M. Y. (2023). Analysis of the Use of Technology from the Perspective of Islamic Family Law in Era 4.0. Jurnal Elsyakhshi, 1(1), 33-46.
Fadli, M., Iskandar, M. Y., Darmansyah, D., & Hidayati, A. (2024). Development of Interactive Multimedia Use Software Macromedia Director for Learning Natural Knowledge in High School. JERIT: Journal of Educational Research and Innovation Technology, 1(1), 12-19.
Fadhilah. (2018). Manajemen Kesiswaan di Sekolah. Pekalongan: PT Nasya Expanding Manajemen.
Fatimatuzzahro, A. (2023). Efektivitas Terapi Empati untuk Menurunkan Perilaku Bullying. Yogyakarta: Stiletto Book.
Fatkhia, A, R. (2021). Penanganan Perubahan Perilaku pada Korban Pembullyan di SMP Negeri 2 Kedung Banten. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Harjiyanti, F. (2018). Peran Guru Kelas dalam Menangani Perilaku Bullying Siswa di SDIT LHI. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(7), 841- 848.
Hardika, J., Iskandar, M. Y., Hendri, N., & Rahmi, U. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 9(2), 197–205. https://doi.org/10.34125/jkps.v9i2.491
Iskandar, M. Y., Aisyah, S., & Novrianti, N. (2024). Pengembangan Computer Based Testing Menggunakan Aplikasi Kahoot! Untuk Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 9(2), 218–226. https://doi.org/10.34125/jkps.v9i2.493
Iskandar, M. Y., Azira, V., Nugraha, R. A., Jasneli, I., Rahmanda, R., & Putra, A. E. (2024). Advancing Educational Practices: Implementation and Impact Desain Grafis in Education. International Journal of Multidisciplinary Research of Higher Education (IJMURHICA), 7(2), 98–107. https://doi.org/10.24036/ijmurhica.v7i2.216
Iskandar, M. Y., Hendra, H., Syafril, S., Putra, A. E., Nanda, D. W., & Efendi, R. (2023). Developing Interactive Multimedia for Natural Science in High School. International Journal of Multidisciplinary of Higher Education, 6(3), 128-135.
Iskandar, M. Yakub (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Iskandar, M. Y., Bentri, A., Hendri, N., Engkizar, E., & Efendi, E. (2023). Integrasi Multimedia Interaktif Berbasis Android dalam Pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4575-4584.
Irmayanti, N. & Agustin, A. (2023). Bullying dalam Prespektif Psikologi: Teori Perilaku. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
Junindra, A., Fitri, H., Desyandri., Murni, I. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11133- 11138.
Kamalia, A. (2019). Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Bulling di MAN 2 Jember Kecamatan Patrang Tahun Pelajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri Jember.
Karyanti. & Aminuddin. (2019). Cyberbullying & Body Shaming. Yogyakarta: K- Media.
Laurensia M., et al. (2022). Implementasi Manajemen Pengelolaan Kelas di Sekolah. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Leani, M. (2022). Manajemen Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Dasar Negeri 1 Koba Kabupaten Bangka Tengah. Universitas PGRI Palembang.
Majir, A. (2020). Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media. Nirmala, Z., Batubara, J., Deliani, N. (2023). Analisis Perilaku Bullying Siswa (Studi Kasusu Faktor dan Solusi Bullying di SDN 10 Sintoga). Bunnaya: Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 210- 221.
Marlena, R., Cahya, M., Iskandar, M. Y., & Yusrial, Y. (2023). Methods for Memorizing the Quran for Higher Education. Ahlussunnah: Journal of Islamic Education, 2(2), 77-82.
Meisyi, R., Arisma, N., Wahyuni, R. P., Iskandar, M. Y., & Samsurizal, S. (2023). Analysis Student Understanding Stage in Using Learning Media Apps Canva. Al-Hashif: Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Islam, 1(2), 117-125.
Muslan, M., Kaewkanlaya, P., Iskandar, M. Y., Hidayati, A., Sya'bani, A. Z., & Akyuni, Q. (2023). Making Use of Ispring Suite Media in Learning Science in Junior High Schools. International Journal of Multidisciplinary Research of Higher Education, 6(4), 181-187.
Nugraha, R. A., & Iskandar, M. Y. (2024). Development of Video Tutorials as A Media for Learning Graphic Design in Vocational High Schools. JERIT: Journal of Educational Research and Innovation Technology, 1(1), 1-11.
Novitasari, D, I. & Setyowati, N. (2020). Penerapan Strategi Guru dalam Menangani School Bullying Siswa di Sekolah Menengah Pertama Taman Siswa Kota Mojoerto. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 8(3), 1104- 1116.
Nurhaedah., Tati, A, D, R. & Irwansyah. (2020). Upaya Guru dalam Mengatasi School Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 26-30.
Purnamasari, A. & Afriansyah, E, A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207-222.
Raco, J, R. (n.d). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia.
Rahmah, M. (2022). Upaya Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying pada Siswa Sekolah Dasar di SDN KS 01 Jakarta Barat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara. Rusdiana. (2018). Manajemen Pendidikan: Konsep, Prinsip dan Aplikasi.
Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Saihudin. (2018). Manajemen Institusi Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Santoso, A. (2018). Pendidikan Anti Bullying. STIA Pembangunan Jember, 1(2), 49-57.
Santriati, M. (2018). Manajemen Kesiswaan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 3(3), 281- 292.
Sarosa, M. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Daerah Istimewa Yogyakarta. PT Kanisius.
Setiowati, A. & Dwiningrum, S, I, A. (2020). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar untuk Mengatasi Perilaku Bullying: Jurnal Elementary School, 7(2), 188-196.
Susanto, D., Risnita., Jailani, M, S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Penelitian Ilmiah. Qosim: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53- 61.
Sutisna. (2020). Statistika Penelitian: Teknik Analisis Data Kuantitatif. Program Doktor Ilmu Pendidikan Pascasarjana Univeritas Negeri Gorontalo, 1-14.
Sepriasa, A., Helena, H., & Iskandar, M. Y. (2020). The Effect of Instagram Media @ngajilagi.id in Increasing People’s Alquran Reading Ability. International Journal of Multidisciplinary Research of Higher Education (IJMURHICA), 3(2), 65–72. https://doi.org/10.24036/ijmurhica.v3i2.189
Tani, I, K. (2021). Menggali Kearifan di Gedong Arca: Fungsi dan Manfaat Museum Gedong Arca sebagai Sumber Belajar Sejarah dan Agama Hindu. Bali: Nilacakra.
Wulandari, V. D., Putri, C. T., Ramadhany, N. F., & Iskandar, M. Y. (2022). Teachers' Efforts in Improving Students' Reading the Qur’an. International Journal of Multidisciplinary Research of Higher Education (IJMURHICA), 5(2), 67-75.
Yelliza, M., Yahya, M., Iskandar, M. Y., & Helmi, W. M. (2023). FIVE METHODS MENTORING ISLAMIC RELIGION IN DEVELOPING STUDENTS'DIVERSITY ATTITUDES IN HIGH SCHOOLS. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 8(3), 220-229.
Wati, R. & Farhan, R, M. (2024). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Pencegahan Kasus Perundungan di SMP Rimba Taruna Kota Bogor. Jurnal Karimah Tauhid,3 (5), 2963-590X.
Zellatifanny, C, M. & Mudjiyanto, B. (2018). The Type of Descriptive Research in Communication Study. Jurnal Diskom, 1(2), 83- 90.
Zafari, K. A., & Iskandar, M. Y. (2024). Interactive Multimedia Development With The Autorun Pro Enterprise Ii Application Version 6.0 In Ict Guidance In Secondary Schools. JERIT: Journal of Educational Research and Innovation Technology, 1(1), 20-26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.