PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR MASA PENDEMI COVID-19 DI KECAMATAN PAUH KOTA PADANG

Revi Handayani, Muhammad Arif, Alexander Syam

Abstract


Penelitian ini mencoba mengambarkan situasi kegalauan di tengah masyarakat dalam sitem pembelajaran daring (Online). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang mengambarkan kondisi apa adanya, penelitian ini lebih menekankan pada makna dan hasilnya, jenis penelitian ini biasanya digunakan untuk menganalisa kejadian, fenomena, atau keadaan kenyataan sosial. Dalam penelitian kualitatif, data diperoleh dari berbagai macam sumber, teknik pengumpulan data melalui intrument yang dilakukan oleh peneliti, seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah informan yaitu orang yang memberikan gambaran situasi kekinian yaitu social situation atau situasi sosial yang terdiri dari tiga elemen, yaitu tempat (palce), pelaku (actors), dan aktivitas (activity) yang berintekrasi secara sinergis. Lalu dilakukan analisa dan kesimpulan. Lokasi penelitian ini adalah Kecamatan Pauh Kota Padang. Penelitian ini melihat bahwa dalam implementasinya pembelajaran daring (online) ini menuai banyak problema, mengingat lebih jauh banyak orang tua dari murid sekolah dasar yang kurang memahami dan mengerti mengunakan aplikasi ini kalau untuk Sekolah Dasar yang ada di sekitar Kecamatan Pauh Padang ini untuk akses sinyal mungkin tidak begitu terkendala karena terletak di Kota. Dapat dilihat dari hasil penelitian ini pembelajaran daring dapat terlaksana dengan baik apabila adanya kerjasama antara guru, siswa dan orang tua dalam belajar dirumah Akan tetapi saat ini Bagaimanapun keadaanya inilah satu-satunya pilihan ditengah pendemi global Covid -19 ini sebagai solusi dari pemerintah agar proses belajar mengajar tetap berjalan walaupun tidak begitu efektif.


Keywords


Pembelajaran Daring (Online), Covid 19

Full Text:

PDF

References


Ali Modlufir & Evi Fathimatur,

Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori dan Pratik. Rajawali Pers: Jakarta 2017.

Ali Sadikin. dkk,2020. Pembelajaran

Daring Di Tengah Wabah Covid-19. J.BIODIK. (06) :214-224

Badan Pusat Statistik,Kecamatan

Pauh dalam Angka 2018. Padangkota.go.id diakses pada tanggal 26 April 2020.

J.R.Raco, Metode Penelitian

Kualitatif :Jenis, Karakteristik, dan keungulanya. Cikarang , Grasindo, 2010.

Mokhamad Iklil Mostufa, dkk.

Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. J.WJIT. (1).2. hal.3

Nurul, dkk. 2019. Efektifitas

Pembelajaran Berbasis Daring : Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. J. TATSQIF. (17):.1-2

Ovito Prasetyo, Bomerang

Pendidikan setelah merebaknya Covid-19).Opini Padang Ekpres, Rabu 8 April 2020.

Sunarto, & B.Agung Hartono,

Perkembangan Peserta Didik. Kemendikbud & PT.Rineka Cipta, 2018

Syamdani. Menjadi Guru Hebat : 45

Kompentensi yang Harus Dimiliki Guru Profesional. Teras : 2002.

Suryono, Implementasi Belajar dan

Pembelajaran , Rosdakarya, 2015.)

Sabron.A.N,dkk. 2019. Persepsi

Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA di Sekolah Dasar. J. Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. Vol. 1.No.2. hal 30

Siti Osa Kosassy, Balada Model

Pembelajaran di Tengah Kepungan Wabah Covid-19. Opini Haluan tgl 8 Mei 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v5i2.516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright 2016 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. All rights reserved. e-ISSN 2502-6445 | p-ISSN 2502-6437