UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) PADA SISWA KELAS VIII.1 SMP N 1 SASAK RANAH PASISIE

Yeni Fitria

Abstract


Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas X.1SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie dalam mata pelajaran
Matematikaditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika masih sangat rendah. Rata-rata
hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan
mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika
Menghitung keliling dan luas lingkaran melalui Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) di Kelas VIII.1
SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan.
Subjek penelitian terdiri dari 22 orang peserta didik Kelas VIII.1 SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie. Data penelitian
dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan
persentase.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa
Model pembelajaran Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
Matematika Menghitung keliling dan luas lingkaran di SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie . Hasil belajar siswa dari
siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 52.45(Cukup) meningkat menjadi 85.23 (Baik) dengan
peningkatan sebesar 32.77%.


References


Depdiknas 2006 Manajemen Berbasis

Sekolah, Direktorat Jendral

Pendidikan

Gagne .2002.Belajar dan Pembelajaran.

Bandung : PT Remaja RoSMPakarya

Kemmis, S dan R. Mc Taggart. (1988).

The Action Research Planner.

Victoria: Deakin University.

Komariah.2011. Penelitian Tindakan

Kelas,Jakarta : Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution (2004). Paradigma Pendidikan

Islam. Bandung: PT Remaja Rakarya.

Purwanto .2011. Pengaruh Metode

Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar

Peserta didik. Skripsi. Medan : FT.

UNIMED

Slameto.2010. Dasar Umum Metodologi

dan Pembelajaran VCT.

Slameto.2010. Konsep dan Makna

Pembelajaran. Jakarta : Alfabeta.

Suprijono 2012.. Petunjuk Pengelolaan

Adminstrasi Sekolah Dasar. Jakarta:

Depdiknas.

Zuriah. 2004. Konsep-Konsep dan Teknik

Supervisi Pendidikan Dalam Rangka

Pengembangan Sumber Daya

Manusia. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/mp.v2i1.138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan

Jl. Raya Koto Panai Air Haji, Pesisir Selatan

website. https://stkip-pessel.ac.id, Email: stkip_ps@yahoo.com


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.