ANALISIS HASIL SUPERVISI AKADEMIK GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PURWOREJO, JAWA TENGAH
Abstract
Telah dilakukan studi observasi terhadap guru-guru di SMPN 36 Purworejo Jawa Tengah. Tujuan dari observasi supervisi ini untuk mengevaluasi guru berdasarkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Kegiatan supervisi akademik meliputi beberapa tahapan, yaitu: persiapan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi, evaluasi supervisi, dan tindak lanjut supervisi. Dari 7 sampel guru yang telah disupervisi, nilai rata-rata dari kompetensi pedagogik 91,7%, rata-rata kompetensi kepribadian 94,4%, rata-rata kompetensi sosial 87,5%, dan rata-rata kompetensi profesional sebesar 94,4%. Adapun jika dilihat secara individual, didapatkan prosentasi perolehan guru untuk semua kompetensi untuk guru A sebesar 82,14%, guru B, C dan D mendapatkan nilai sebesar 87,5%, guru E sebesar 100% serta guru F mempunyai nilai 96,43%. Dari hasil analisis supervisi, didapatkan bahwa hampir semua guru mendapatkan hasil yang baik dengan nilai rata-rata 3,5 atau rata-rata skor pencapaian seluruh guru yang disupervisi adalah 90,18%. Akan tetapi guru banyak masih memiliki kelemahan dalam manajemen pembelajaran baik dalam pencarian metode maupun alat pembelajaran. Tindak lanjut dari hasil supervisi akademik ini antara lain perlu adanya workshop pembuatan media pembelajaran, perlu mengadakan Motivasi Traning bagi guru, serta perlunya guru dikirim ke kegiatan MGMP Kabupaten untuk diklat khusus metode atau strategi pembelajaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bates, A. J. & Burbank, M. D. (2008). Effective Student Teacher Supervision in the Era of No Child Left Behind. The Professional Educator Journal, 32(2), Fall.
Bessong, F. E & Ojong, F. (2009). Supervision as An Instrument of Teaching: Learning Effectiveness: Challenge For The Nigerian Practice. Global Journal of Educational Research, 8(1&2), 15-20.
Calhoun, E. F. (2002). Action research for school improvement. Educational Leadership, 59(1), 18-24.
Danielson, C. (2002). Enhancing student achievement: A framework for school improvement. Alexandria, VA: Association for supervision and curriculum development.
Fetrianis. (2013). Persepsi guru tentang pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah di Sekolah Menengah Pertama negeri Lareh Sago Halaban kabupaten Lima Puluh lima. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(1), 65-72.
Glanz, J. (2005). Action research as instructional supervision: suggestions for principals. National Association of secondary school principals. NASSP Bulletin, 89, 643.
Imron, A. (2011). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Marzano, R. J., Pickering, D. J., & Pollock, J. E. (2001). Classroom instruction that work: Research-based strategies for increasing student achievement. Alexandria, VA: Association for Supervision and curriculum development.
Pidarta, M. (1992). Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sahartian, P. A. (2008). Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sullivan, S., & Glanz, J. (2000). Alternative approaches to supervision: cases from the field. Journal of Curriculum And Supervision, 15(3), 212-235.
Sulisworo, D., & Toifur, M. (2016). The role of mobile learning on the learning environment shifting at high school in Indonesia. International Journal of Mobile Learning and Organisation, 10(3), 159-170.
Sulisworo, D. (2016). The Contribution of the Education System Quality to Improve the Nation’s Competitiveness of Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 10(2), 127-138.
Sulisworo, D., Nasir, R., & Maryani, I. (2017). Identification of teachers’ problems in Indonesia on facing global community. International Journal of Research Studies in Education, 6(2), 81-90.
Zepeda, S. (2003). Instructional supervision: Applying tools and concepts. Larchmont, NY: Eye on education.
DOI: http://dx.doi.org/10.34125/mp.v2i3.148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan
Jl. Raya Koto Panai Air Haji, Pesisir Selatan
website. https://stkip-pessel.ac.id, Email: stkip_ps@yahoo.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.