UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA SISWA KELAS XII IPS.5 SMAN 1 KINALI

Delfimar Delfimar

Abstract


Abstrak

Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas XII.IPS.1SMAN 1 Kinali dalam mata pelajaran Sejarah ditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah sub Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga lahirnya orde baru melalui Model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT)di Kelas XII IPS.5 SMAN 1 Kinali  Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 30 orang peserta didik  Kelas XII IPS.5 SMAN 1 Kinali. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah sub Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga lahirnya orde baru di SMAN 1 Kinali. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 54.88 (Cukup) meningkat menjadi 83.84 (Baik) dengan peningkatan sebesar 28.97%.


Keywords


Kata Kunci: Hasil Belajar, Sejarah, Model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT)

References


Arikunto (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai

Kemmis, S dan R. Mc Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Slameto.2010. Dasar Umum Metodologi dan Pembelajaran VCT.

Slameto.2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta : Alfabeta.

UU No 20 tahun 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar.

Zuriah. 2004. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/mp.v3i1.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan

Jl. Raya Koto Panai Air Haji, Pesisir Selatan

website. https://stkip-pessel.ac.id, Email: stkip_ps@yahoo.com


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.