PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS DAN PENILAIAN PROSES DENGAN PELATIHAN MICRO TEACHING BAGI GURU DI SEKOLAH BINAAN
Abstract
SMAN 1 Kinali ditemukan bahwa kemampuan Pengelolaan Kelas dan Penilaian Proses dengan Pelatihan Mikro teaching bagi guru masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Kelas dan Penilaian Proses. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 14 orang guru dimana 7 orang guru dari SMAN 1 Pasaman dan 7 orang guru dari SMAN 1 Kinali di Sekolah Binaan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembaran obeservasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Pelatihan Mikro teaching dapat meningkatkan kemampuan Pengelolaan Kelas dan Penilaian Proses dengan Pelatihan Mikro teaching bagi guru di Sekolah Binaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya Pelatihan Mikro teaching dapat meningkatkan Kemampuan Pengelolaan Kelas dan Penilaian Proses dengan Pelatihan Mikro teaching bagi guru di Sekolah Binaan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kemampuan Guru dalam pengelolaan kelas dan penilaian proses melalui pelatihan mikro teaching dalam segi penilaian aspek pada siklus I adalah 54.46 berapa pada kategori cukup sedangkan pada penilaian dimensi berada pada kategori dengan kategori cukup dengan nilai 59.15 dan pada penilain aspek untuk siklus II adalah 86.83 dengan kategori Baik dan juga pada penilain dimensi untuk siklus II adalah 84.82 dengan kategori Baik.
Keywords
Full Text:
PDF (INDONESIA) (Bahasa Indonesia)References
Robbin, SP. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba
Sudjana, Nana. 2009. Penelitian Tindakan Kepengawasan. Jakarta: LPP Binamitra
Suharjono. 2009. Tanya Jawab tentang PTK dan PTS. Naskah buku
Milman, Yusdi, 2011, Pengertian Kemampuan, [online] http://milmanyusdi.blogspot.com/2011/07/pengertian-kemampuan.html, diakses tanggal 5 Agustus 2013).
Usman, Mohammad Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.34125/mp.v3i1.275
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan
Jl. Raya Koto Panai Air Haji, Pesisir Selatan
website. https://stkip-pessel.ac.id, Email: stkip_ps@yahoo.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.