PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENJASKES MELALUI METODE DRILL DI KELAS XII IPA.3 SMAN 1 KINALI
Abstract
Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik di Kelas XII IPA.3 SMAN 1 Kinali dalam pembelajaran penjaskes ditemukan bahwa hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran penjaskes masih sangat rendah dan banyak yang berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran penjaskes melalui penerapan metode pembelajaran melalui penerapan Metode Drill Di Kelas XII IPA.3 SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 30 orang peserta didik Kelas XII IPA.3 SMAN 1 Kinali. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran penjaskes di SMAN 1 Kinali. Hasil belajar belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 67,50(cukup) meningkat menjadi 87,50 (baik) dengan peningkatan sebesar 20,00.
Keywords
Full Text:
PDF (INDONESIA) (Bahasa Indonesia)References
Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik di Kelas XII IPA.3 SMAN 1 Kinali dalam pembelajaran penjaskes ditemukan bahwa hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran penjaskes masih sangat rendah dan banyak yang berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran penjaskes melalui penerapan metode pembelajaran melalui penerapan Metode Drill Di Kelas XII IPA.3 SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 30 orang peserta didik Kelas XII IPA.3 SMAN 1 Kinali. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran penjaskes di SMAN 1 Kinali. Hasil belajar belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 67,50(cukup) meningkat menjadi 87,50 (baik) dengan peningkatan sebesar 20,00.
DOI: http://dx.doi.org/10.34125/mp.v3i1.276
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan
Jl. Raya Koto Panai Air Haji, Pesisir Selatan
website. https://stkip-pessel.ac.id, Email: stkip_ps@yahoo.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.