PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BAMBOO DANCING DI KELAS XI IPA.1 SMAN 1 KINALI
Abstract
Berdasarkan aktivitas belajar siswa Kelas XI IPA.1 SMAN 1 Kinali dalam Mata pelajaran Bahasa Inggris ditemukan bahwa aktivitas belajar siswa dalam Mata pelajaran Bahasa Inggris masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang Peningkatan Aktivitas Belajar siswa dalam Mata pelajaran Bahasa Inggris melalui model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing di Kelas XI IPA.1 SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 38 orang siswa Kelas XI IPA.1 SMAN 1 Kinali. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam Mata pelajaran Bahasa Inggris di SMAN 1 Kinali. Aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 70.99 (cukup) meningkat menjadi 82.48 (baik) dengan peningkatan sebesar 76.74.
Keywords
Full Text:
PDF (INDONESIA) (Bahasa Indonesia)References
Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.
Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media Group.
RuSMPN. 2012. Model-model Pembelajaran Edisi II. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
RuSMPN. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesinalisme Guru. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperatve Learning Teori dan Aplikasi BAHASA INGGRISKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran
DOI: http://dx.doi.org/10.34125/mp.v3i1.277
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan
Jl. Raya Koto Panai Air Haji, Pesisir Selatan
website. https://stkip-pessel.ac.id, Email: stkip_ps@yahoo.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.