UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA MELALUI METODE CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) PADA SISWA KELAS XII IPA 3 SMAN 1 PASAMAN
Abstract
Berdasarkan hasil belajar Siswa Kelas XII IPA 3 SMAN 1 Pasaman dalam mata pelajaran Fisika sub Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah tersebut ditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Fisika sub Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah tersebut masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Fisika sub Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah tersebut melalui Metode Curah Pendapat (Brainstorming) di Kelas XII IPA 3 SMAN 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 36 Orang peserta didik Kelas XII IPA 3 SMAN 1 Pasaman. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Metode Curah Pendapat (Brainstorming) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Fisika sub Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah tersebut di SMAN 1 Pasaman. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 57.85(Cukup) meningkat menjadi 84.77 (baik) dengan peningkatan sebesar 26.92%.
Keywords
Full Text:
PDF (INDONESIA) (Bahasa Indonesia)References
Arikunto 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Djamarah. 2000. Penggunaan Metode Pembelajarn penemuan Terbimbing Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik Melalui Materi Prestasi Diri Pada Kelas IX.4 SMP Negeri 2 Bakongan Aceh Selatan. Skripsi. Banda Aceh. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Gagne .2002.Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja RoSMPakarya
Hamruni. 2011. Supervisi Pendidikan yang Dilaksanakan oleh Guru, Guru, Penilik dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Damai Jaya
Kemmis, S dan R. Mc Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.
Moleong.2002.Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja RoSMP akarya
Nasution (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rakarya.
Pribadi, 2011.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Riyanto, 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Sugiono. 2007. Pemahaman Guru Terhadap Inovasi Pendidikan. Artikel. Jakarta: Kompas
Suprijono 2012.. Petunjuk Pengelolaan Adminstrasi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Suprijono. 2012.. Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Skripsi. Medan : FT. UNIMED.
Syaifuddin Iskandar : 2008. Metode dan Model – model Mengajar. Bandung : Alfabeta.
Tabrani .1992.. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Winata Putra dan Rosita.1997. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta : Alfabeta.
Zuriah. 2003. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.34125/mp.v3i1.281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan
Jl. Raya Koto Panai Air Haji, Pesisir Selatan
website. https://stkip-pessel.ac.id, Email: stkip_ps@yahoo.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.