PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY – TWO STRAY (TS-TS) DI KELAS XII IPA.1 SMAN 1 PASAMAN
Abstract
Berdasarkan pengamatan aktivitas belajar siswa Kelas XII IPA.1 SMAN 1 Pasaman dalam Mata pelajaran Biologi ditemukan bahwa tingkat aktivitas belajar siswa dalam Mata pelajaran Biologi masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Biologi melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay – Two Stray (TS-TS) di Kelas XII IPA.1 SMAN 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 28 orang siswa Kelas XII IPA.1 SMAN 1 Pasaman. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa bahwa model pembelajaran two stay two stray (TS-TS) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam Mata Pelajaran Biologi di SMAN 1 Pasaman. Aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 71,77 (cukup) meningkat menjadi 81.62 (baik) dengan peningkatan sebesar 9.85
Keywords
Full Text:
PDF (INDONESIA) (Bahasa Indonesia)References
Bakaruddin. 2010. Dasar-dasar Ilmu Geografi. Padang: UNP Press Padang.
Hanafiah, dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.
Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media Group.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Edisi II. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesinalisme Guru. Depok: PT Rajagrafindo
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: konsep, landasan, dan implementasinya Pada kurikulum Ttingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Akasara.
DOI: http://dx.doi.org/10.34125/mp.v3i1.284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan
Jl. Raya Koto Panai Air Haji, Pesisir Selatan
website. https://stkip-pessel.ac.id, Email: stkip_ps@yahoo.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.