PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 05 JAYAPURA KABUPATEN SIAK
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 05 Jayapura. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 30 orang dimana terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Blended Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan selama 30 hari, dimana hari pertama memberikan pretest kepada siswa, hari kedua sampai hari ke-29 memberikan pembelajaran, dan hari ke-30 adalah posttest. Hasil penelitian dilihat dari pretest dan posttest siswa. Pada hasil pretest dari 30 siswa, terdapat 14 siswa yang tuntas dan 16 siswa lainnya belum tuntas dengan rata-rata yaitu 62,16. Kemudian Pada posttest jumlah siswa yang tuntas sudah meningkat yaitu 27 orang sedangkan siswa yang belum tuntas yaitu 3 orang sehingga didapat rata-rata 77,16 yang tergolong tinggi. Hasil Uji-t dengan thitung= 12,281 dan ttabel= 2,045, dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan dan peningkatan dari hasil belajar siswa SD Negeri 05 Jayapura antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Blended Learning.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.34125/jmp.v6i1.779
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan
Jl. Raya Koto Panai Air Haji, Pesisir Selatan
website. https://stkip-pessel.ac.id, Email: stkip_ps@yahoo.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.