MANAJEMEN PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEAHLIAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Dino Adi Putra, Septiana Vratiwi, Riski Randa Hidayatullah, Taufik Abdul Hasan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, manajemen teaching factory ditinjau dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen teaching factory di SMK dalam upaya pengembangan mutu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi data, menampilkan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa manajemen teaching factory di SMK N 1 Painan ditinjau dari perencanaan sudah dilakukan dengan baik seperti pengadministrasian waktu, alat-alat dan bahan pratikum pada workshop dan pengorganisasian teaching factory yang tersusun dengan baik mulai dari ketua kompetensi keahlian, ketua labor , guru mata pelajaran serta pelaksanaan sudah dilakukan dengan baik dengan pengawasan dilakukan terpadu oleh seluruh komponen sekolah. Dan selanjutnya faktor-faktor pendukung meliputi: guru yang kompeten, sarana dan prasarana yang mendukung, siswa yang antusias, toolman, jadwal pratikum sistem blok, dan kerjasama dengan DUDI, faktor penghambatnya waktu yang kurang maksimal, pemasaran dan tempat yang kurang strategis. Serta hasil dari penerapan manajemen teaching factory memberikan bekal lansung bisa terjun di dunia industry.

Keywords


Manajemen, Teaching Factory, Kompetensi



DOI: http://dx.doi.org/10.34125/jmp.v7i3.898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan

Jl. Raya Koto Panai Air Haji, Pesisir Selatan

website. https://stkip-pessel.ac.id, Email: stkip_ps@yahoo.com


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.