BENTUK DAN DAMPAK PERILAKU BULLYING TERHADAP PESERTA DIDIK

Viola Amnda, Septia Wulandari, Suci Wulandari, Saskia Nabila Syah, Yopie Andi Restari, Septina Atikah, Engkizar Engkizar, Fuady Anwar, Zainul Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi apakah bentuk dan dampak dari perilaku bullying terhadap peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diambil melalui wawancara mendalam kepada dua puluh orang informan yang terdiri dari peserta didik Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, Guru, Kepala Sekolah, Security, tokoh masyarakat dan orang tua. Seluruh data wawancara kemudian dianalisis secara tematik menggunakan software analisis kualititaf NVivo 10. Secara keseluruhan hasil penelitian mendapati sembilan tema penting berkaitan dengan bentuk serta dampak perilaku bullying terhadap peserta didik. Sembilan tema tersebut terbagi kepada tiga tema terkait dengan bentuk perilaku bullying yaitu i) bentuk fisik, ii) verbal iii) psikologis. Selanjutnya enam tema terkait dengan dampak yang ditimbulkan yaitu; i) hilangnya rasa percaya diri, ii) terintimidasi, iii) rendah diri, iv) perasaan tidak aman dan nyaman, v) takut bersosialisasi dengan lingkungan dan vi) sulit berkonsentrasi dalam belajar. Perilaku bullying tidak mempunyai tempat dalam dunia pendidikan, namun faktanya permasalahan tersebut sering muncul secara berulang-ulang tanpa mengenal waktu dan tempat. Justru itu menurut penulis semua pihak tidak hanya sekolah, orang tua serta peran aktif masyarakat sangat diperlukan dalam usaha pencegahannya agar tidak terus terulang lagi, sebab berdasarkan penelitian ini perilaku bullying berdampak negatif bagi peserta didik baik secara fisik apalagi psikis.  


Keywords


Bentuk, dampak, perilaku, bullying, peserta didik

Full Text:

PDF

References


Agusti, F. A., Zafirah, A., Engkizar, E., Anwar, F., Arifin, Z., & Syafril, S. (2018). The Implantation of Character Values toward Students through Congkak Game for Mathematics Instructional Media. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2).

Amini, Y. S. J. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak, Jakarta: Grasindo.

Ariesto, A. (2009). Pelaksanaan Program Anti Bully Teacher Empowerment. Retrieved Juni 12, 2017.

Braun, V., Clarke, V., Hayfield, N., Frith, H., Malson, H., Moller, N., & Shah-Beckley, I. (2019). Qualitative story completion: Possibilities and potential pitfalls. Qualitative Research in Psychology, 16(1), 136-155.

Bungin, B. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis Ke Arah Pengusaan Model Aplikasi. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada.

Coloroso, B. (2007). Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU). Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Damri, D., Engkizar, E., & Anwar, F. (2017). Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 74-95.

Darmawan, D. 2017. Bullying pheonema in school setting. Jurnal kependidikan: Penelitian inovasi pembelajaran, 1 (2).

Denzin, NK & Lincoln, YS. 1994. Introduction: Entering the Field of Qualitative Research. Thousand Oaks: Sage Publications.

Engkizar, E., Alfurqan, A., Murniyetti, M., & Muliati, I. (2018). Behavior and Factors Causing Plagiarism among Undergraduate Students in Accomplishing the Coursework on Religion Education Subject. Khalifa Journal of Islamic Education, 1(1), 98-112.

Engkizar, E., Muliati, I., Rahman, R., & Alfurqan, A. (2018). The Importance of Integrating ICT into Islamic Study Teaching and Learning Process. Khalifa Journal of Islamic Education, 1(2), 148-168.

Hasanah, U., Alizamar, A., Marjohan, M., & Engkizar, E. (2019). The Effect of Self Efficacy and Parent Support on Learning Motivation in Management Business Students in Padang's Private Vocational School. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 6(2), 133-140.

Jaafar, A., Syafril, S., Faisal, F., Engkizar, E., Anwar, F., & Hakim, R. (2020). Impacts of Globalization on Adolescents’ Behavior in Malaysia. Islāmiyyāt, 41(2), 3-8.

Kasmar, I. F., Amnda, V., Mutathahirin, M., Maulida, A., Sari, W. W., Putra, S., ... & Engkizar, E. (2019). The Concepts of Mudarris, Mu'allim, Murabbi, Mursyid, Muaddib in Islamic Education. Khalifa Journal of Islamic Education, 3(2), 107-125.

KPAI. 2014. Kasus Bullying dan Pendidikan Karakter.

Krahe, B. (2005). Perilaku agresif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Krueger, R. A. 1994. Focus group: a practical guide for applied research. Ed. Ke-2. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Maghvira, G. (2017). Analisis Wacana Kritis Pada Pemberitaan Tempo. Com. tentang Kematian Taruna STIP Jakarta. Jurnal the Messenger, 9(2), 120-130.

Masdin, M. (2013). Fenomena Bullying dalam Pendidikan. Al-Ta'dib, 6(2), 73-83.

Mudjijanti, M. M. (2012). School Bullying dan peran guru dalam mengatasinya. Krida Rakyat, 2(2).

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).

Nasution, S. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nusantara, A. (2008). Bullying: Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan. Jakarta: Grasindo.

Prasetyo, A. B. E. (2011). Bullying di sekolah dan dampaknya bagi masa depan anak. El-Tarbawi, 4(1).

Priyatna, A. (2010). Memehami, Mencegah Dan Mengatasi Bullying.

Putri, M. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri dan Dukungan Teman Sebaya dengan Jenis Perilaku Bullying di Mtsn Lawang Mandahiling Kecamatan Salimpaung Tahun 2017. Menara Ilmu, 12(8).

Royanto, L. R. M., & Djuwita, R. (2010). Peran Faktor Personal dan Situasional terhadap Perilaku Bullying di Tiga Kota Besar di Indonesia. Proceding Temu Ilmiah Konfrensi Nasional Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa di Malang.

Syafril, S., & Yaumas, N. E. (2018). The Implementation of Tartil Method in Improving Elementary School Students’ Ability in Reading Al-Qur’an. Khalifa Journal of Islamic Education, 1(1), 1-14.

Septrina, M. A., Liow, C. J., & Sulistiyawati, F. N. (2009). Hubungan Tindakan Bullying Di Sekolah Dengan Self Esteem Siswa.

Setyawan, David. (2015). KPAI: Pelaku Kekerasan terhadap Anak tiap Tahun Meningkat.

Sullivan, K. (2010). The anti-bullying handbook. Sage.

Tumon, M. B. A. (2014). Studi Deskriptif Perilaku Bullying pada Remaja. CALYPTRA, 3(1), 1-17.

Yusnita, Y., Eriyanti, F., Engkizar, E., Anwar, F., Putri, N. E., Arifin, Z., & Syafril, S. (2018). The Effect of Professional Education and Training for Teachers (PLPG) in Improving Pedagogic Competence and Teacher Performance. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 123-130.

Zafirah, A., Agusti, F. A., Engkizar, E., Anwar, F., Alvi, A. F., & Ernawati, E. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter terhadap peserta didik Melalui permainan congkak sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v5i1.454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.