PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENYUSUN LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI MODEL PEMBINAAN CLCK (CONTOH, LATIHAN, CONTROL, KERJA MANDIRI) BERBASIS MENTORING DI SMAN 2 PASAMAN DAN SMAN 1 LEMBAH MELINTANG

Khaidir Khaidir

Abstract


Abstrak

Berdasarkan pengamatan terhadap kompetensi guru SMAN 2 Pasaman dan SMAN 1 Lembah Melintang dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas di ditemukan fenomena bahwa kompetensi profesional guru dalam menyusun penelitian tindakan kelas masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang peningkatan kompetensi profesional guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas melalui model pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) berbasis mentoring di SMAN 2 Pasaman dan SMAN 1 Lembah Melintang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 13 orang guru SMAN 2 Pasaman dan SMAN 1 Lembah Melintang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa model pembinaan CLCK berbasis mentoring dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas di SMAN 2 Pasaman dan SMAN 1 Lembah Melintang. Analisis terhadap kualitas laporan PTK yang dibuat oleh guru menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas meningkat dari siklus I ke siklus II. Kompetensi profesional guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas pada siklus I adalah 77,69 (cukup) meningkat menjadi 84,69 (baik) pada siklus II dengan peningkatan sebesar 7,00 poin.

 

 


Keywords


Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Laporan PTK, model pembinaan CLCK berbasis mentoring

References


Kunandar. 2007. Pegawai Profesional. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Pegawai Profesional. Jakarta: Remaja RosdaKarya.

Permendiknas No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Pegawai.

PP No. 19 Tahun 2005

Prihatin, T. (2005). “Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi Pembinaan Guru di Era Otonomi Daerah.” Jurnal Pendidikan. 14, (1), 37- 47.

Rohani, N.K. (2004). “Pengaruh Pembinaan Pengawas Sekolah dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru SLTP Negeri di Kota Surabaya”. Jurnal Pendidikan Dasar. 5, (1), 71-78. [Online]. Tersedia: www.dikdas.jurnal.unesa.ac.id.

Sanjaya, Wina, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group

Satori,Djam’an. 2008. Profesi Kepegawaian. Jakarta: Universitas Terbuka

Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/mp.v3i1.272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan

Jl. Raya Koto Panai Air Haji, Pesisir Selatan

website. https://stkip-pessel.ac.id, Email: stkip_ps@yahoo.com


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Couldn't lock the file.