PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENYUSUN LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI MODEL PEMBINAAN CLCK (CONTOH, LATIHAN, CONTROL, KERJA MANDIRI) BERBASIS MENTORING DI SMAN 2 PASAMAN DAN SMAN 1 LEMBAH MELINTANG
Abstract
Abstrak
Berdasarkan pengamatan terhadap kompetensi guru SMAN 2 Pasaman dan SMAN 1 Lembah Melintang dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas di ditemukan fenomena bahwa kompetensi profesional guru dalam menyusun penelitian tindakan kelas masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang peningkatan kompetensi profesional guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas melalui model pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) berbasis mentoring di SMAN 2 Pasaman dan SMAN 1 Lembah Melintang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 13 orang guru SMAN 2 Pasaman dan SMAN 1 Lembah Melintang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa model pembinaan CLCK berbasis mentoring dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas di SMAN 2 Pasaman dan SMAN 1 Lembah Melintang. Analisis terhadap kualitas laporan PTK yang dibuat oleh guru menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas meningkat dari siklus I ke siklus II. Kompetensi profesional guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas pada siklus I adalah 77,69 (cukup) meningkat menjadi 84,69 (baik) pada siklus II dengan peningkatan sebesar 7,00 poin.
Keywords
Full Text:
PDF (INDONESIA) (Bahasa Indonesia)References
Kunandar. 2007. Pegawai Profesional. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Pegawai Profesional. Jakarta: Remaja RosdaKarya.
Permendiknas No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Pegawai.
PP No. 19 Tahun 2005
Prihatin, T. (2005). “Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi Pembinaan Guru di Era Otonomi Daerah.” Jurnal Pendidikan. 14, (1), 37- 47.
Rohani, N.K. (2004). “Pengaruh Pembinaan Pengawas Sekolah dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru SLTP Negeri di Kota Surabaya”. Jurnal Pendidikan Dasar. 5, (1), 71-78. [Online]. Tersedia: www.dikdas.jurnal.unesa.ac.id.
Sanjaya, Wina, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group
Satori,Djam’an. 2008. Profesi Kepegawaian. Jakarta: Universitas Terbuka
Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.34125/mp.v3i1.272
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan
Jl. Raya Koto Panai Air Haji, Pesisir Selatan
website. https://stkip-pessel.ac.id, Email: stkip_ps@yahoo.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.