UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN AUDIO-LINGUAL METHOD (ALL) PADA SISWA KELAS X.1 SMAN 1 KINALI

Amris Handra

Abstract


Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas X.1 SMAN 1 Kinali dalam mata pelajaran Bahasa Inggris sub Memahami Ungkapan-Ungkapan Dasar  pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris sub Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris sub Memahami Ungkapan-Ungkapan Dasar  pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan melalui Metode Pembelajaran Audio-Lingual Method (ALL) di Kelas X.1 SMAN 1 Kinali  Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 34 orang peserta didik  Kelas X.1 SMAN 1 Kinali. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Audio-Lingual Method (ALL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris sub Memahami Ungkapan-Ungkapan Dasar  pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan di SMAN 1 Kinali. Hasil belajar siswa  dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 55.67(Cukup) meningkat menjadi  84.06 (baik) dengan peningkatan sebesar 28.39%.


Keywords


Kata Kunci: Hasil Belajar, Bahasa Inggris, Metode Pembelajaran Audio-Lingual Method (ALL)

References


Hamruni. 2011. Supervisi Pendidikan yang Dilaksanakan oleh Guru, Guru, Penilik dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Damai Jaya

Kemmis, S dan R. Mc Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Moleong.2002.Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja RoSMP akarya

Nasution (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rakarya.

Pribadi, 2011.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Riyanto, 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Suprijono. 2012.. Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Skripsi. Medan : FT. UNIMED.

Syaifuddin Iskandar : 2008. Metode dan Model – model Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Tabrani .1992.. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Zuriah. 2003. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/mp.v3i1.285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan

Jl. Raya Koto Panai Air Haji, Pesisir Selatan

website. https://stkip-pessel.ac.id, Email: stkip_ps@yahoo.com


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.