PENGARUH TEKNIK MIND MAPPING BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 PADANG
Abstract
Â
Tujuan penelitian yakni (1) keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang sebelum diterapkan teknik mind mapping berbasis model problem based learning. (2) Keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang sesudah diterapkan teknik mind mapping berbasis model problem based learning. (3) Menganalisis pengaruh penerapan teknik mind mapping berbasis model problem based learning terhadap keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah desain pre-test dan post-test group design. Prosedur penelitian ini adalah (1) tahap pretest, (2) perlakuan, (3) posttest. Sampel penelitian adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 8 Padang yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga yaitu: (1) melakukan pretest, prosedur pengumpulan data sebelum diterapkan teknik mind mapping berbasis problem based learning, (2) melakukan proses pembelajaran dengan penerapan teknik mind mapping berbasis model problem based learning, (3) mengadakan postest.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut ini. (1) Keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X4 SMA Negeri 8 Padang sebelum diterapkan teknik mind mapping berbasis model problem based learning berada pada kualifikasi “cukup†dengan nilai 65,21. (2) Keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X4 SMK Negeri 8 Padang sesudah diterapkan teknik mind mapping berbasis model problem based learning berada pada kualifikasi “baik†dengan nilai 81,6. (3) Terdapat pengaruh penerapan teknik mind mapping berbasis model problem based learning terhadap keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang dengan pengujian hipotesis melalui pengukuran menggunakan uji-t (t-tes) diperoleh thitung sebesar 4,23, dan ttabel sebesar 1,70 dengan taraf signifikan 0.95 dan derajat kebebasan n-2. Hal ini berarti bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Maka hipotesis penelitian ini diterima. Jadi, teknik mind mapping berbasis model problem based learning layak diterapkan dalam pembelajaran menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang.
Â
Kata kunci: Pengaruh, Teknik Mind Mapping, problem based learning, narasi ekspositoris
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abstrak
Tujuan penelitian yakni (1) keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang sebelum diterapkan teknik mind mapping berbasis model problem based learning. (2) Keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang sesudah diterapkan teknik mind mapping berbasis model problem based learning. (3) Menganalisis pengaruh penerapan teknik mind mapping berbasis model problem based learning terhadap keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah desain pre-test dan post-test group design. Prosedur penelitian ini adalah (1) tahap pretest, (2) perlakuan, (3) posttest. Sampel penelitian adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 8 Padang yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga yaitu: (1) melakukan pretest, prosedur pengumpulan data sebelum diterapkan teknik mind mapping berbasis problem based learning, (2) melakukan proses pembelajaran dengan penerapan teknik mind mapping berbasis model problem based learning, (3) mengadakan postest.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut ini. (1) Keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X4 SMA Negeri 8 Padang sebelum diterapkan teknik mind mapping berbasis model problem based learning berada pada kualifikasi “cukup†dengan nilai 65,21. (2) Keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X4 SMK Negeri 8 Padang sesudah diterapkan teknik mind mapping berbasis model problem based learning berada pada kualifikasi “baik†dengan nilai 81,6. (3) Terdapat pengaruh penerapan teknik mind mapping berbasis model problem based learning terhadap keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang dengan pengujian hipotesis melalui pengukuran menggunakan uji-t (t-tes) diperoleh thitung sebesar 4,23, dan ttabel sebesar 1,70 dengan taraf signifikan 0.95 dan derajat kebebasan n-2. Hal ini berarti bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Maka hipotesis penelitian ini diterima. Jadi, teknik mind mapping berbasis model problem based learning layak diterapkan dalam pembelajaran menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang.
Kata kunci: Pengaruh, Teknik Mind Mapping, problem based learning, narasi ekspositoris
DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v8i2.1276
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.