ANALISIS PENGEMBANGAN BAHASA MELALUI KEGIATAN PENGENALAN KARTU HURUF DI TK SAMUDERA PADANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bahasa melalui kegiatan pengenalan kartu huruf di TK Samudera Padang. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf yang digunakan guru belum sepenuhnya memenuhi syarat dalam pemilihan media pembelajaran bahasa. Pelaksanaan pembelajaran bahasa pengenalan huruf anak terlihat aktif belajar mengenal huruf, media kartu huruf memberikan kemudahan bagi anak untuk mengenal bentuk dan bunyi huruf. Tingkat keberhasilan pembelajaran pengenalan huruf abjad dengan media kartu huruf pada anak kelompok B1 di Samudera Padang. Jika disajikan 73,4% anak mengenal huruf alfabet dan 28,4% anak mengenal huruf alfabet. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, peneliti menyampaikan beberapa saran yaitu dalam mengembangkan bahasa anak usia dini melalui penerapan media kartu huruf sebaiknya guru lebih banyak melibatkan anak dalam kegiatan tanya jawab, serta membawa anak ke tempat atau benda tertentu yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan anak, peningkatan perkembangan bahasa anak melalui penerapan media kartu huruf hendaknya disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak dan dilakukan secara terpadu.
Keywords
ANALISIS PENGEMBANGAN BAHASA MELALUI KEGIATAN PENGENALAN KARTU HURUF DI TK SAMUDERA PADANG
Full Text:
PDFReferences
ANALISIS PENGEMBANGAN BAHASA MELALUI KEGIATAN PENGENALAN KARTU HURUF DI TK SAMUDERA PADANG
DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v6i2.632
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.