KONTRIBUSI MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA SEMSETER I STIFARM PADANG

Sinta Wahyuni

Abstract


This study aims to describe the following. First, how much is the contribution of reading interest to the reading ability of Semester I students of STIFARM Padang. Second, how much is the contribution of vocabulary mastery to the reading comprehension ability of Semester I Students of STIFARM Padang. Third, how much is the contribution of reading interest and vocabulary mastery together to the reading comprehension ability of Semester I students of STIFARM Padang. This correlational study took the population of Semester I STIFARM Padang students. Sampling was carried out using the purposive sampling technique so that 53 students were obtained as samples. The research instrument is in the form of questionnaires and tests that have been tested for validity and reliability. The results of this study are three, (1) Reading interest gives a significant contribution of 33.9% to the ability to read comprehension because tcount > ttable or 5,110 > 1,684. (2) Vocabulary mastery gave a significant contribution of 35.3% to reading comprehension ability because tcount > ttable or 5.27 > 1,684. (3) Reading interest and vocabulary mastery together gave a significant contribution of 51.8% to reading comprehension ability because tcount > ttable or 26.87 > 3.18.

Full Text:

PDF

References


Bungin, M. Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Fauzi, Muchamad. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar. Semarang: Walisongo Press.

Fitri, Rahayu. 2016. Kontribusi Minat

Baca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Jurnal gramatika Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia V1.i2 (128-140), (online) (https://media.neliti.com/media/publications/80547-ID-kontribusi-minat-baca-dan-penguasaan-kos.pdf, diakses 01 juni 2022)

Furqon. 2008. Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Keraf, Gorys. 2006. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Munirah. Hardian. 2016. Pengaruh

Kemampuan Kosakata Dan Struktur Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 16, No. 1, (online) (https://ejournal.upi.edu/index.php/BS_JPBSP/article/view/3064, diakses 01 juni 2022)

Nurhadi. 2004. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca? Suatu Teknik Memahami Literatur yang Efisien. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nurhaida. Musa, M. Insya. 2016. Dampak Rendahnya Minat Baca Dikalangan Mahasiswa PGSD Lampeuneurut Banda Aceh Serta Cara Meningkatkannya. JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala Vol. 3 No.4 (online)(https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1829416) diakses 28 Mei 2022)

Rahim, Farida. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Razak, Abdul. 2005. Membaca Pemahaman Teori dan aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Autografika.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukoyo, Joko. 2013. Hubungan Penguasaan Kosakata Dan Minat Membaca Dengan Kemampuan Menulis Eksposisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa Unnes. Jurnal Bahasa an sastra Lingua Vo;. 18, No. 1 (online) (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/viewFile/2589/2642 diakses diakses 01 juni 2022)

Tampubolon. 1993. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Kosakata (Edisi Revisi). Bandung: Angkasa.

Wahyuni, Sinta. 2022. Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembangun Teks Puisi Kelas Vii Smp Negeri 40 Padang. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah. (online) (https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2626277diakses 28 Mei 2022)

Wainwright, Gorden. 2007. Speed Reading Better Recalling Manfaat Teknik-Teknik Teruji untuk Membaca Lebih Cepat dan Mengingat secara Maksimal. Jakarta: Gremedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v7i2.752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.