ANALISIS KEBUTUHAN PEGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI LITERASI MATERI SIKLUS AIR DALAM PEMBELAJARAN SD

M. Jaya Adi Putra

Abstract


Tulisan ini memaparkan tentang analisis kebutuhan awal pengembangan media monopoli literasi materi siklus air. Media ini sendiri dikembangkan dengan tujuan mempermudah pembelajaran IPA di sekolah dasar khususnya materi Siklus Air. Sehingga tahapan analisis kebutuhan ini menjadi point penting dalam pengembangan media monopoli ini. Adapun langkah yang dilakukan dalam melakukan analisis adalah perencanaan dalam bentuk mengklasifikasikan pihak yang terlibat dalam analisis data selanjutnya melakukan pengumpulan data dan analisis data. Hasil analisis ini kompetensi dasar 3.8 menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup. Indikator yang terdapat dalam buku tema ini yaitu 3.8.1 melakukan percobaan tahap-tahap dalam siklus air seperti evaporasi, kondensasi, dan presipitasi menjadi materi yang dapat dijadikan konten permainan monopoli literasi. Sedangkan untuk hasil analisis kebutuhan pembelajaran Siswa SD menyenangi pembelajaran yang menyenangkan. Oleh karena itu dengan media permainan monopoli ini diharapkan siswa lebih menyenangi pembelajaran IPA dan dapat mudah menerima materi pembelajaran IPA yang terdapat di dalam media permainan monopoli.


References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Islamiyah , T. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Permainan Monopoli. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 4, 37-47.

Mahpudin. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 168–175. https://doi.org/10.5281/zenodo.5564696

Marinda, L. (2020, April). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13, 116-152.

Suciati, S., Septiana, I., & Untari, M. (2015, Oktober). Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 175-188.

Suprapto, A. (2013). Permainan Monopoli sebagai Media untuk Meningkatkan Minat Belajar Tata Boga di SMA. Jurnal Ilmiah Guru, 17(1), 37-43.

Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & Saputra, H. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 4, 136-144.




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/jmp.v7i2.1174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan

Jl. Raya Koto Panai Air Haji, Pesisir Selatan

website. https://stkip-pessel.ac.id, Email: stkip_ps@yahoo.com


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.