MANAJEMEN PENGORGANISASIAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.34125/jmp.v9i1.252Keywords:
Manajemen, Pengorganisasian, Pendidikan Islam, Studi pustaka, Generasi IslamiAbstract
artikel ini menyajikan tinjauan tentang konsep pengorganisasian dalam konteks dan pandangan pendidikan Islam, dengan fokus pada aspek-aspek kritis seperti konsep dasar, jenis, proses, fungsi serta manfat/tujuan, struktur organisasi. wewenang dan keskuasaan, desentralisasi dan sentralisasi, hubungan dalam organisasi, serta analisis management pengorganisasian terhadap lembaga pendidikan di indonesia. Artikel ini menggunakan metode penelitian library research yang bersumber dari media online akademik. Tujuan dari artikel ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para praktisi pendidikan Islam dan pengambil kebijakan untuk meningkatkan pengorganisasian pendidikan mereka. Dengan pendekatan yang holistik dan berbasis nilai-nilai Islam, pengorganisasian dalam pendidikan Islam dapat menjadi landasan kuat untuk membentuk generasi yang berintegritas, berwawasan luas, dan berkomitmen pada pembangunan masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai Islam.