MANAJEMEN PENGORGANISASIAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Moh Nawawi UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia
  • Milatul Fatkhiyah UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia
  • Sopiah Sopiah UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34125/jmp.v9i1.252

Keywords:

Manajemen, Pengorganisasian, Pendidikan Islam, Studi pustaka, Generasi Islami

Abstract

artikel ini menyajikan tinjauan tentang konsep pengorganisasian dalam konteks dan pandangan pendidikan Islam, dengan fokus pada aspek-aspek kritis seperti konsep dasar, jenis, proses, fungsi serta manfat/tujuan, struktur organisasi. wewenang dan keskuasaan, desentralisasi dan sentralisasi, hubungan dalam organisasi, serta analisis management pengorganisasian terhadap lembaga pendidikan di indonesia. Artikel ini menggunakan metode penelitian library research  yang bersumber dari  media online akademik. Tujuan dari artikel ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para praktisi pendidikan Islam dan pengambil kebijakan untuk meningkatkan pengorganisasian pendidikan mereka. Dengan pendekatan yang holistik dan berbasis nilai-nilai Islam, pengorganisasian dalam pendidikan Islam dapat menjadi landasan kuat untuk membentuk generasi yang berintegritas, berwawasan luas, dan berkomitmen pada pembangunan masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Nawawi, M., Fatkhiyah, M., & Sopiah, S. (2024). MANAJEMEN PENGORGANISASIAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 22–33. https://doi.org/10.34125/jmp.v9i1.252