MANAJEMEN KEUANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Suroso Suroso UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia
  • Slamet Untung UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia
  • Mohamad Muslih UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34125/jmp.v9i1.253

Keywords:

Manajemen Keuangan, Lembaga Pendidikan Islam, Manajemen, Keuangan syariah, Efektif dan efisien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen keuangan dalam konteks lembaga pendidikan Islam. Manajemen keuangan pendidikan merujuk pada proses profesional dan proporsional dalam mengatur pengelolaan keuangan yang diperuntukkan bagi program-program pelaksanaan operasional pendidikan. Manajemen keuangan merupakan bagian integral dari pengelolaan sekolah yang memiliki peran penting dalam menentukan jalannya kegiatan pendidikan di sekolah. Fokus dari penelitian ini adalah untuk memahami prinsip-prinsip dasar dalam manajemen keuangan serta bagaimana penerapannya dalam konteks lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dimana data diperoleh melalui penelitian perpustakaan yang bertujuan untuk memahami pesan yang terkandung dalam suatu teks. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen keuangan dalam pendidikan Islam melibatkan proses alokasi sumber daya untuk mendukung kegiatan operasional pendidikan, yang mencakup perencanaan pendanaan, implementasi anggaran pendidikan, serta pencatatan dan pemeriksaan atau pengawasan terhadap pengelolaan anggaran pendidikan. Tujuan utama dari manajemen keuangan pendidikan adalah penggunaan dana atau anggaran secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Suroso, S., Untung, S., & Muslih, M. (2024). MANAJEMEN KEUANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.34125/jmp.v9i1.253