IMPLIKASI MANAJEMEN KELAS UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMK SINAR HUSNI 2 Tr MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.34125/jmp.v10i2.723Keywords:
Implikasi, Manajemen kelas unggulan, kompetensi siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi manajemen kelas unggulan dalam meningkatkan kompetensi siswa di SMK TR Sinar Husni 2 TR Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, siswa, dan guru kelas unggulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas unggulan dilakukan secara sistematis, dimulai dengan proses seleksi siswa yang ketat, penyediaan sarana dan prasarana yang lebih baik, integrasi pembelajaran berbasis teknologi, dan penambahan jam belajar. Strategi pembelajaran yang diterapkan berfokus pada pengembangan potensi siswa secara holistik dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dampak positif dari manajemen ini terlihat dari meningkatnya kesiapan siswa untuk memasuki dunia kerja dan melanjutkan pendidikan tinggi. Program kolaborasi dengan industri seperti Yamaha, Toyota, dan Alfa Scorpi, serta kesempatan magang internasional melalui Yayasan Habibie, menjadi indikator keberhasilan program. Kesimpulannya, manajemen kelas unggulan berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kompetensi, motivasi, dan kemandirian siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar manajemen kelas unggulan terus dikembangkan dan disesuaikan untuk memenuhi tuntutan tenaga kerja dan tantangan pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.