PENGARUH PENGALAMAN PRAKTEK LAPANGAN KEPENDIDIKAN (PLK) TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA STKIP PESISIR SELATAN

Veni Veni, Sefrinal Sefrinal, Maijem Simponi

Abstract


This study aims to determine the effect of the experience of the Educational Field Practice (PLK) on the readiness to become a teacher in the students of STKIP Pesisir Selatan.  This research is quantitative descriptive.  The population in this study was 31 students of STKIP Pesisir Selatan who had implemented PLK.  Data were collected through a questionnaire/questionnaire and analyzed using the Statistical Product and Service Solution (IBM SPSS Statistic 22) program.  The results showed that there was an influence between the experience of Educational Field Practice (PLK) on readiness to become a teacher, with a positive direction for students of STKIP Pesisir Selatan by 42.7%. The results of this study are expected to be used as reference material in improving the quality of education.


Keywords


PLK Experience, Readiness to become a teacher

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rieneka Cipta.

Baharuddin, Fiskia Rera & Andi Muadz Palerangi. 2020. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional. Pinisi: Journal of Teacher Professional Vol 1, No 2 Agustus 2020.

Fitria Novitasari, Ngadiman dan Sri Sumaryati. 2013. Pengaruh Program Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Prodi Ekonomi FKIP UMS Menjadi Tenaga Pendidik. Jupe UNS Vol1 No 2, Juni 2013.

Hamalik, Oemar. 2008. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan pendekatan kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Istiana Dewi K dan Diana Rahmawati. 2016. Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Mengajar. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntasni Indonesia Edisi 2 Tahun 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru.

Praptiana Yurike. 2017. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional Mahasiswa Fakultas EKonomi Angkatan 2013 Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tirtaraharja dan La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang No. 20 pasal 1 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wagiran, 2010. Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Pada Pendidikan Kejuruan Di Era Global; Disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Kejuruan, Fakultas Teknik UNY, 22 Mei 2010.

Wahyu Sholekah, Supri Wahyudi Utomo dan Elly Astuti. 2021. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Akuntansi Vol 8, No 2, Juli 2021.

Yulianto, Aditya, and Muhammad Khafid. 2016. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Yang Profesional. Economic Education Analysis Journal Vol 5, No 1 Tahun 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v7i1.714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.