PERAN YAYASAN AMAL SALEH DALAM MEMBENTUK KARAKTER MAHASISWA
Abstract
Yayasan Amal Saleh merupakan sebuah organisasi keagamaan yang diurus oleh mahasiswa. Mahasiswa merupakan penerus masa depan suatu bangsa. Mahasiswa menjadi tolak ukur akan keberlangsungan dan baiknya suatu negara, lahirnya YAS memiliki peran penting dalam membentuk karakter mahasiswa di perguruan tinggi umum Universitas Negeri Padang oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kegiatan di Yayasan Amal Saleh dalam Membentuk Karakter Mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study design). Sumber data di ambil dari dua puluh orang informan melalui wawancara yang mendalam. Informan merupakan mahasiswa aktif Perguruan Tinggi Umum Universitas Negeri Padang juga merupakan Santri Yayasan Amal Saleh. Teknik pengumpukan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Seluruh hasil wawancara kemudian dianalisis secara Tematik menggunakan sofwere analisis kualitatif Nvivo12. Secara keseluruhan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat empat kegiatan di Yayasan Amal Saleh dalam Membentuk Karakter Mahasiswa, yaitu: i) Ta’lim, ii) Tahsin, iii) Kuliah ahad pagi dan iv) Safari Ramadhan. Hasil penelitian ini juga telah membuktikan bahwa Yayasan Amal Saleh berhasil dan memiliki peran penting dalam melahirkan mahasiswa yang berkarakter.
Keywords
References
Abdul Fatah, R. (2004). Sosiologi Agama. Jakarta: Titian Kencana Mandiri. Agus, B. (2007). Islam dan pembangunan (Vol. 1). RajaGrafindo Persada. Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ali, H. S. (2002). Metodologi penelitian agama: pendekatan teori dan praktek. PT RajaGrafindo Persada.
Azra, A. (2012). Pendidikan Islam (Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium II). Jakarta: Kencana.
Basri, H., et.al. (2002). Model Penelitian Agama Dan Dinamika Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Damri, D., Engkizar, E., & Anwar, F. (2017). Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 74-95. http://dx.doi.org/10.22373/je.v3i1.1415
Damri, D., Engkizar, E., Syafril, S., Asril, Z., Munawir, K., Rahawarin, Y., ... Tulum, L.T., & Amnda, V. (2020). Factors and Solutions of Students’bullying Behavior. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 5(2), 115-126. http://dx.doi.org/10.34125/kp.v5i2.517.
Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia. Hendropuspito, O. C. (1998). Sosiologi Agama. Yogyakarta: Karnisius. Kahmad, D. (2000). Metode Penelitian Agama. Bandung: Pustaka Setia. Jurnal Humanus, 11(1).
Daradjat, Z. (2020). Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung
Elkhaira, I., Engkizar, E., Munawir, K., Arifin, Z., Asril, Z., Syafril, S., & Mathew, I. B. D. (2020). Seven Student Motivations for Choosing the Department of Early Childhood Teacher Education in Higher Education. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 95- 108. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.62-01
Engkizar, E., Alfurqan, A., Murniyetti, M., & Muliati, I. (2018). Behavior And Factors Causing Plagiarism Among Undergraduate Students In Accomplishing The Coursework On Religion Education Subject. Khalifa: Journal Of Islamic Education, 1(1), 98-112.
Engkizar, E., Kaputra, S., Mutathahirin, M., Syafril, S., Arifin, Z., & Kamaluddin, M. (2022). Model Pencegahan Konflik Antarumat Beragama Berbasis Kegiatan Masyarakat. Harmoni, 21(1), 110-129.
Engkizar, E., Muliati, I., Rahman, R., & Alfurqan, A. (2018). The Importance of Integrating ICT into Islamic Study Teaching and Learning Process. Khalifa: Journal of Islamic Education, 1(2), 148-168.http://dx.doi.org/10.24036/kjie.v1i2.11.
Engkizar, E., Munawir, K., Kaputra, S., Arifin, Z., Syafril, S., Anwar, F., & Mutathahirin, M. (2021). Building of Family-based Islamic Character for Children in Tablighi Jamaat Community. Ta'dib, 24(2), 116-126.http://dx.doi.org/10.31958/jt.v24i2.4847.
Engkizar, E., Munawir, K., Kaputra, S., Arifin, Z., Syafril, S., Anwar, F., & Mutathahirin, M. (2021). Building of Family-based Islamic Character for Children in Tablighi Jamaat Community. Ta'dib, 24(2), 116-126.
Eriyanti, F., Engkizar, E., Alhadi, Z., Moeis, I., Murniyetti, M., Yulastri, A., Syafril, S. (2020). The Impact of Government Policies towards the Economy and Education of Fishermen’s Children in Padang City. E&ES, 469(1), 012057.https://doi.org/10.1088/1755-1315/469/1/012057.
Fakhrurrazi, “Karakteristik Anak Usia Murohikahâ€, Al-Ikhtibar 6, no.1 (2019) : 573-574
Fikawati, S., Syafiq, A., & Veratamala, A. (2020). Gizi anak dan remaja.
Ghozi. M. “Fungsi Masjid Dari Masa ke Masa Dalam Perspektif Alquranâ€. Pena telate Islam 3, no. 1 (2019) : 72
Gustafsson, J. (2017). Single case studies vs. multiple case studies: A comparative study.
Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. In Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial (pp. 280-286).
Hasanah, U., Alizamar, A., Marjohan, M., & Engkizar, E. (2019). The Effect of Self Efficacy and Parent Support on Learning Motivation in Management Business Students in Padang's Private Vocational School. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 6(2), 133-140. https://doi.org/10.24042/kons.v6i2.5074.
Herzog, C., Handke, C., & Hitters, E. (2019). Analyzing talk and text II: Thematic analysis. In The Palgrave handbook of methods for media policy research (pp. 385-401). Palgrave Macmillan, Cham.
Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.
In'am, A. (2020). Peranan Pemuda dalam Pendidikan Sosial Kemasyarakatan. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 67-77.
Jaafar, A., Syafril, S., Faisal, F., Engkizar, E., Anwar, F., & Hakim, R. (2020). Impacts of Globalization on Adolescents’ Behavior in Malaysia. IslÄmiyyÄt, 41(2), 3-8.
Jannah. N. “Revitalisasi masjid di era modernâ€. Analityca Islamic 5 no. 1 (2016) : 126-127
Kaputra, S., Engkizar, E., Akyuni, Q., Rahawarin, Y., & Safarudin, R. (2021). Dampak Pendidikan Orang Tua Terhadap Kebiasaan Religius Anak Dalam Keluarga Jama’ah Tabligh. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 249-268.https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i2.9979.
Kasmar, I. F., Amnda, V., Mutathahirin, M., Maulida, A., Sari, W. W., Putra, S., ... & Engkizar, E. (2019). The Concepts of Mudarris, Mu'allim, Murabbi, Mursyid, Muaddib in Islamic Education. Khalifa Journal of Islamic Education, 3(2), 107-125.http://dx.doi.org/10.24036/kjie.v3i2.26.
Kesuma, D. (2017). Pendidikan Karakter : Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lailiyah, N., & Wulansari, W. (2016). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 1(2), 166-173.
Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 15(1), 49-65.
Manheim, K. (1987). Sosiologi Sistematis: Suatu Pengantar Studi Tentang Masyarakat. Jakarta: Bina Aksara.
Mannuhung, S., & Tenrigau, A. M. (2018). Manajemen Pengelolaan Masjid dan Remaja Masjid di Kota Palopo. To Maega| Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Martell, C. C. (2017). Approaches to teaching race in elementary social studies: A case study of preservice teachers. The Journal of Social Studies Research, 41(1), 75-87.
Martini, E. (2018). Membangun karakter generasi muda melalui model pembelajaran berbasis kecakapan abad 21. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 3(2), 21-27. Masyarakat (Studi Kasus Ikatan Remaja Masjid Al-Anwar) Skripsi 2017.
Martono, N. (2016). Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, Dan Poskolonial. Jakarta: Rajawali Pers.
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045.
Mursalat. A. Peran Organisasi Kepemudaan Masjid Dalam Meningkatkan Partisipasi Kegiatan Keagamaan Di
Nasional, D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nasrul. (2002). Sosiologi Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, H. (1979). Islam; Ditinjau dari Berbagai Aspek. Jakarta: UI Press. Nottingham, E. K. (1996). Agama dan Masyarakat, Suatu Pengantar Sosiologi
Neuendorf, K. A. (2018). Content analysis and thematic analysis. In Advanced research methods for applied psychology (pp. 211-223). Routledge.
Purnama. D. Peran remaja masjid Al-Irma dalam Pengembangan Dakwah di Kecamatan Medan Sunggal, Skripsi 2017.
Putra, A. E., Rukun, K., Irfan, D., Engkizar, E., Wirdati, W., Munawir, K., Usmi, F., & @Ramli, A. J. (2020). Designing and Developing Artificial Intelligence Applications Troubleshooting Computers as Learning Aids . Asian Social Science and Humanities Research Journal (ASHREJ), 2(1), 38-44. https://doi.org/10.37698/ashrej.v2i1.22.
Putri, I. C., Damri, D., Engkizar, E., Asril, Z., & Efendi, E. (2020). The Use of Android Game to Improve Impaired Hearing Student Vocabulary Mastery. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 9(2), 85-93. https://doi.org/10.15294/jere.v9i2.44744.
Qodratullah, W. 2017. Persepsi Mahasiswa Terhadap Program Pendidikan Karakter melalui Mentoring Pendidikan Agama Islam di Politeknik Negeri Bandung. Jurnal Handayani (JH). Vol 7 (1) Juni 2017.
Rahawarin, Y., Engkizar, E., Hakim, R., Sari, W. W., Ramdani, N. S., Kasmar, I. F., Wulandari, S., Restari, Y. A., Mutathahirin, M., Amnda, V., & Arifin, Z. (2020). Seven Motivations of Students Selecting Department of Islamic Teaching Education in Public University. Asian Social Science and Humanities Research Journal (ASHREJ), 2(1), 45-55. https://doi.org/10.37698/ashrej.v2i1.25.
Ramayulis. (2002). Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.
Rohman, A. (2016). Pembiasaan Sebagai Basis Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Remaja. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 155-178.
Romansah, T. (2017). Implementasi Kegiatan Mentoring Keagamaan Dalam Pembinaan Karakter Islami. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(1), 63-82.
Samudera, A. (2018). Pelaksanaan Program Mentoring Dalam Membentuk Karakter Islami Pada Mahasiswa Universitas Sriwijaya (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Fatah).
Sapardi, O. (2012). Sikap Masyarakat Terhadap Aktivitas Sosial Keagamaan Di RT 02 RW 02 Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Sari, W., Anwar, F., Wirdati, W., & Engkizar, E. (2021). Metode Diskusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8904-8909.
Sartika, F., Ritonga, M., & Rasyid, A. (2020). Implementation of Islamic Religious Education in Madrasah Ibtidaiyah During Covid-19 Pandemic. Khalifa: Journal of Islamic Education, 4(2), 1442. http://dx.doi.org/10.24036/kjie.v4i2.95.
Sarwono, S. W. (2019). Psikologi remaja.
Shaleh, A. R. (2004). psikologi suatu pengantar dalam perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
Sheikh, A. B. B. M. (2017, September). Peranan Mentor Bagi Memenuhi Tanggungjawab Sosial Syarikat. In Annual Conference On Economics, Business, Accounting And Social Sciences (Acebass) 2017.
Silfiati, S. K. (2015). Pengaruh Intensitas Mengikuti Kegiatan Terhadap Perilaku Sosial Islami Siswa Kelas XI MA Al Hadi. UIN Walisong.
Sivakumar, P. S. (2020). Content Analysis, Thematic Analysis and Hands-on session with NVIVO. Advances in Research Methodology for Social Sciences, 57. slaman Dan Kemasyarakatan, 1(2), 101-118.
Sudarsana, K. (2018). Pemberdayaan Usaha Kesejahteraan Sosial Berbasis Pendidikkan Agama Hindu Bagi Anak Panti Asuhan. Journal of Character Education Society, 1(1), 41–51.
Suherman, S., A. Zafirah, F. A. Agusti, R. P. Sandra, Engkizar, Engkizar., Efendi, Efendi. (2021). "Encouraging Students’ Active Learning Activities through the Implementation of MASTER Learning Model Based on Mind Mapping Techniques." In Journal of Physics: Conference Series, vol. 1940, no. 1, p. 012094. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012094.
Sumara, D. S., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan remaja dan penanganannya. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2).
Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan akhlak menurut imam Al-Ghazali. At-Ta'dib, 10(2).
Syafril, S., Aini, N. R., Netriwati, N., Pahrudin, A., & Yaumas, N. E., Engkizar, E (2020). Spirit of Mathematics Critical Thinking Skills (CTS). JPhCS, 1467(1), 012069.https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012069.
Syafril, S., Latifah, S., Engkizar, E., Damri, D., Asril, Z., & Yaumas, N. E. (2021, February). Hybrid learning on problem-solving abiities in physics learning: A literature review. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1796, No. 1, p. 012021). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012021.
Syafril, S., Yaumas, N. E., Engkizar, E., Jaafar, A., & Arifin, Z. (2021). Sustainable Development: Learning the Quran Using the Tartil Method. Al-Ta lim Journal, 28(1), 1-8.
Syamsiah, E. (2019). Aktivitas remaja dalam mengikuti kegiatan mentoring keagamaan hubungannya dengan akhlak mereka kepada sesama: Penelitian terhadap komunitas sesame street berbagi di Antapani kota Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Taylor, L. (2013). The case as space: Implications of relational thinking for methodology and method. Qualitative inquiry, 19(10), 807-817.
Terry, G., Hayfield, N., Clarke, V., & Braun, V. (2017). Thematic analysis. The SAGE handbook of qualitative research in psychology, 2, 17-37.
Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1-15.
Wahyuni, E. N. (2020). Motivasi belajar
Warasto, H. N. (2018). Pembentukan Akhlak Siswa. Jurnal Mandiri Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2(1), 65-86.
Yusnita, Y., Eriyanti, F., Engkizar, E., Anwar, F., Putri, N. E., Arifin, Z., & Syafril, S. (2018). The Effect of Professional Education and Training for Teachers (PLPG) in Improving Pedagogic Competence and Teacher Performance. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 123-130.https://doi.org/10.24042/tadris.v3i2.2701.
Zafirah, A., Agusti, F. A., Engkizar, E., Anwar, F., Alvi, A. F., & Ernawati, E. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter terhadap peserta didik Melalui permainan congkak sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21678.
Zamawe, F. C. (2015). The implication of using NVivo software in qualitative data analysis: Evidence-based reflections. Malawi Medical Journal, 27(1), 13-15.
Zamroni, A. (2017). Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. Sawwa Jurnal Studi Gender, 12(2), 241-264
Zein, Z. (2012). Aktivitas Keagamaan Mahasiswa Universitas Negeri Padang.
DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v7i4.845
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.