COMMUNICATION BOARD BUNGLIN: MEDIAKOMUNIKASI UNTUK ANAK CEREBRAL PALSY

Authors

  • Bunga Hijriyah Universitas Negeri Padang
  • Marlina Marlina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.34125/jkps.v8i4.115

Keywords:

Cerebral Palsy, Komunikasi, Communication Board Bunglin

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih minimnya media komunikasi anak cerebral palsy. Oleh karena itu, tujuan penelitian ialah untuk mengembangkan mediakomunikasi berupa Communication Board Bungling untuk membantu komunikasi bagi anak cerebral palsy. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu define, design, development, dessiminate. Subjek uji kelayakan mediaini ialah ahli terkait yang dimana ahli alat, ahli komunikasi, ahli anak cerebral palsy. Kemudian uji kepraktisan oleh anak cerebral palsy. Mediapengumpulan data berupa kuesioner instrumen uji kelayakan dan kepraktisan mediaCommunication Board Bunglin. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mediaCommunication Board Bungling  layak dan berguna untuk komunikasi anak cerebral palsy dengan perolehan nilai ahli media89,2%, ahli komunikasi 79,1%, ahli anak cerebral palsy 75%, dan uji kepraktisan media81,9%. Bentuk dari akhir mediayaitu berupa mediakomunikasi yang dirangkai dalam bentuk akrilik yang memiliki sensor ldr dan digunakan tanpa harus menggunakan jaringan internet.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Hijriyah, B., & Marlina, M. (2023). COMMUNICATION BOARD BUNGLIN: MEDIAKOMUNIKASI UNTUK ANAK CEREBRAL PALSY. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 8(4), 297–306. https://doi.org/10.34125/jkps.v8i4.115

Issue

Section

Articles