UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGENDALIKAN STRESS KERJA GURU DI SD NEGERI 219/IX MUARO JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.34125/jkps.v8i4.52Keywords:
Upaya Kepala Sekolah, Stress Kerja GuruAbstract
Tingginya tingkat stres yang dialami guru dapat berdampak pada pencapaian sekolah yang kurang maksimal, pemahaman lebih lanjut tentang upaya kepala sekolah dalam mengendalikan stres kerja dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan kebijakan sekolah dan peningkatan kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi upaya atau strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam mengendalikan stres kerja guru di lingkungan sekolah. Tempat penelitian ini berlokasi di SD Negeri 219/IX Muaro Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai di dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara. Kegiatan yang dilakukan dalam analisis data dimulai dengan reduksi data, display data, dan yang terakhir ialah penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan upaya atau strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengendalikan stress kerja guru yaitu Pertama; secara psikologi kepala sekolah memberikan bimbingan, support, motivasi. Kedua; kepala sekolah melaksanakan program bimbingan tips mengatasi stress kerja guru. Ketiga; kepala sekolah mengidentifikasi faktor-faktor dari stres kerja. Keempat; kepala sekolah melaksanakan pelatihan atau pengembangan profesional setiap satu bulan sekali semacam kegiatan-kegiatan yang bisa mengendalikan emosional guru. Kelima; kepala sekolah mengadakan perkumpulan semua guru untuk diskusi dan setiap hari meminta laporan guru mengenai perkembangan peserta didik.