PERAN PENGAWAS SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI SDN KABUPATEN BANJAR

Authors

  • Sri Mirnawati Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Ratna Purwanti Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34125/jkps.v10i2.600

Keywords:

Pengawas sekolah, manajemen strategik, kompetensi guru, supervisi pendidikan, Kurikulum Merdeka

Abstract

The quality of basic education is greatly influenced by teacher competence, which in its implementation requires a strategic role of school supervisors. This study aims to examine how elementary school supervisors in Banjar Regency implement strategic management in improving teacher competence. A qualitative case study approach was used with data collection techniques in the form of in-depth interviews, observations, and document studies. The results of the study indicate that supervisors carry out their roles as strategic planners, supervisors based on mentoring, and evaluators of periodic coaching programs. A dialogic and collaborative supervision approach improves teacher professionalism, especially in learning planning. The main challenges are administrative burdens and time constraints, but can be overcome through collaboration with the principal. The strategic management implemented by supervisors has a positive impact on improving teacher competence and supports the implementation of the Merdeka Curriculum more effectively. These findings are relevant for the development of policies for fostering educational human resources in the regions.

References

Aghfar, M. S. (2024). Peningkatan kualitas pendidikan guru sekolah dasar melalui penguatan profil pelajar Pancasila di era digitalisasi. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(6), 220-228. Retrieved from https://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/10216

Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century skills and social studies education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82-92. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3066

Bahar, A. (2024). Implementasi Akuntabilitas Kinerja dan Strategi Manajerial dalam Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Formal. Sipakatau: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 82-89.

El-Fadhil, B. M., Riyadi, A. R., & Maulidah, N. (2025). Efektivitas Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SD Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 99-106. https://doi.org/10.47178/hbsn8s17

Elfidawati, E. (2024). PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SD 009 KUALA TERUSAN PANGKALAN KERINCI. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 5(2), 171–179. Retrieved from https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp/article/view/237

Faujiah, S., Syaifudin, M., & Andriani, T. (2023). Implementasi Manajemen Strategi dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi (JEMSI), 4(3).

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross Gordon, J. M. (2018). SuperVision and instructional leadership: A developmental approach (10th ed.). Pearson

Indriyanti, L., Setiadi, M. C., Bakti, N. W. S. A., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Pentingnya Peran Kepala Sekolah dan Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Dasar. Journal Educational Research and Development| E-ISSN: 3063-9158, 1(2), 273-283. https://doi.org/10.62379/jerd.v1i2.149

Ismawiyah, I., Anshari, M. Z., Aslamiah, A., Cinantya, C., & Azizah, F. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu Sekolah. Cakrawala: Jurnal Kajian Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial, 8(2), 192-202.https://doi.org/10.33507/cakrawala.v8i2.2349

Izhar, G., Aslamiah, A., & Hidayat, A. (2021, March). MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DINEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PRESTASI (PREDIKSI SISWA MELALUI INVESTIGASI KELOMPOK BERORIENTASI PADA PERMAINAN) PADA SISWA KELAS IV SDN ULU BENTENG 5 MARABAHAN. In SEMINAR NASIONAL PRASEKOLAH, SEKOLAH DASAR DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN.

Maswandi, K., Asnawi, R., & Rahmat. (2025). MANAJEMEN PENGENDALIAN MUTU SEKOLAH : KAJIAN LITERASI TENTANG MODEL PELAKSANAAN PENGENDALIAN MUTU SEKOLAH PERSPEKTIF ISLAM. NineStars Education, 6(1), 13-23. Retrieved from https://www.e-journal.faiuim.ac.id/index.php/ninestar-education/article/view/439

Novitawati, N., Purwanti, R., Sulaiman, S., & Prastitasari, H. (2021). Pelatihan Teknik Menulis Best practice Bagi Kepala Sekolah di PKG Banjarmasin Tengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 92. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/index

Rusmaini, N. I. M. (2024). IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS BERBASIS KOLABORATIF OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD NEGERI 68 KOTA BANDA ACEH (Doctoral dissertation, Universitas Bina Bangsa Getsempena).

Sanusi, M. N., Aslamiah, A., & Sulistiyana, S. (2024). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Guru di SMKN Kota Banjarmasin. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1205-1210. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1007

Setiawan, M. A., Makaria, E. C., Maulana, M., Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2025). Etika dan Inovasi GenAI: Perspektif Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Terhadap Peran Konselor. Jurnal Ilmiah Global Education, 6(2), 704-711. https://doi.org/10.55681/jige.v6i2.3807

Supriani, Y., Evta Yuda Prayogi, E. ., Arifin, Z. ., Rolia, E. ., & Arifudin, O. . (2024). FASILITASI KEBUTUHAN BELAJAR DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK PENGAWAS SEKOLAH KE KEPALA SEKOLAH. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75–85. Retrieved from http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JBT/article/view/98

Supriani, Y., Prayogi, E. E. Y., Arifin, Z., Rolia, E., & Arifudin, O. (2024). Fasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik Pengawas Sekolah Ke Kepala Sekolah. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 75-85.

Suriansyah, A. (2025). Model Penjaminan Mutu Sekolah Berbasis Analisis Jurnal Internasional. Jurnal Sosial dan Sains (SOSAINS), 5(2). https://doi.org/10.24036/abdi.v4i2.301

Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2015). Strategi kepemimpinan kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa. Cakrawala Pendidikan, (2), 87061. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828

Susanty, S., & Suriansyah, A. (2025). Model Penjaminan Mutu Sekolah Berbasis Analisis Jurnal Internasional. Jurnal sosial dan sains, 5(2), 146-156. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i2.32030

Werdiningsih, R., Lusono, K. A., Meigawati, D., Sos, S., Sudrajat, A. R., Sos, S., ... & Kom, M. I. (2024). DINAMIKA KEPEMIMPINAN DALAM PENGELOLAAN ORGANISASI. CV Rey Media Grafika.

Wiyono, W., Fitihatussiriyah, F., Hafidz, A., & Al Mahfuz, A. M. (2025). Efektivitas Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Kinerja Guru Di SMP. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 679-686. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.548

Yunus, M. (2025). TANTANGAN IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL DALAM PENINGKATAN TATA KELOLA ADMINISTRASI PENDIDIKAN. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(1), 506-515. https://doi.org/10.23960/simbol.v13i1.707

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Mirnawati, S., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2025). PERAN PENGAWAS SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI SDN KABUPATEN BANJAR. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 10(2), 612–619. https://doi.org/10.34125/jkps.v10i2.600