PEMANFAATAN SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS SMP NEGERI 3 IBUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menyusun rencana pembelajaran melaksanakan, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut prestasi belajar siswa yang dapat meningkatkan kinerja guru.penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Ibun Kabupaten Bandung mulai supervisi 7 bulan Maret s.d September 2018 Peningkatan Kinerja ini melalui supervisi edukatif kolaboratif secara periodic. Metode pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas empat kegiatan pokok yakni pengumpulan data awal, data hasil analisis setiap akhir siklus, serta tanggapan lain dari guru terhadap pelaksanaan supervisi edukatif model kolaboratif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja guru meningkat dalam menyusun rencana pembelajaran,melaksanakan pembelajaran,menilai prestasi belajar,melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfonso, RJ., Firth, G.R., dan Neville, R.F.1981. “Instructional Supervision, A Behavior System, Boston: Allyn and Bacon, Inc
Ancok, D. Validitas dan realibilitas instrument penelitian. Dalam: Singarimbun M dan Efendi (Eds). 1999. Metode penelitian survey. Jakarta: LP3ES.
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Darsono, M, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
De Porter, Bobbi. Reardon, M. Singer-Nourine, S. 2001.†Quantum Teaching Mempraktikan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Terjemahan Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.
Dirjen Didasmen. 2004 Petunjuk Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di Sekolah.Jakarta: Depdiknas.
Dirjen Pendidikan Dasar dan Departemen Pendidikan Nasional.2004: “Pendidikan Supervisi Pengajaran Sekolah Dasar dan Menengah.Jakarta Depdiknas
Kasianto, I Wayan 2004 “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pendekatan Diskusi Kelompok. Laporan Penelitian Kelas. Tidak dipublikasikan.
Lie, Anita. 2003. Cooperatif Learning Mempraktikan Cooperatif Learning Di Ruang ruang Kelas . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Miftah Toha. 2010. Kepemimpinan dalam manajemen, Jakarta :Rajawali Pers.
Moekijat. 2000. Manajemen Keguruan dalam mengajar (Personal Manajemen). Bandung: Alimni.
Prayitno, Elida. 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud
Syafriani, Dewi. 2002. Pembelajaran “Cooperatif Learning†Alternatif Metode Dalam KBK. http://www.google.com. (12 Des. 2002).
DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v6i2.613
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STKIP Pesisir Selatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.