PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TERHADAP MATERI IPAS DI UPT SDN 26 PAINAN SELATAN

Authors

  • Miza Safitri Universitas Rokania, Indonesia
  • Safrudin Safrudin Universitas Rokania, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34125/jkps.v10i3.856

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Metode Role Playing

Abstract

National education is carried out by individuals as an effort to transform towards the overall development of Indonesia through physical and mental activities. Education functions as a concrete action to improve human activities for the better, with education, existing problems will gradually be overcome and can also improve the quality of human life. This study applies a classroom action research approach. The purpose of this research is to evaluate ways to support the improvement of science learning outcomes, especially in the understanding sector, with a reflective, participatory, and collaborative approach in the application of science learning using a role-playing model, which has an impact on children's activities, class dynamics, as well as challenges and problems that arise throughout the science teaching process in the classroom. To achieve this goal, there are four main stages that form the CAR cycle, including planning, implementation, observation, and reflection. The findings of this research are an increase in children's learning outcomes who use the application of the role-playing method for science material at UPT SDN 26 Painan Selatan.

References

Abbas, Nurhayati. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah problem based Instruction dalam pembelajaran matematika di SMU. Dalam Jurnal Pendidikan dan kebudayaan Jakarta, November 2004 Tahun ke-10, No.051.

Arikunto, S dkk,. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. Aqib, Zaenal dan Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Nai, Firmina.Angela. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Barokah, Anik. 2014, Peningkatan Pemahaman Kebebasan Berorganisasi Mata Pelajaran PKN Melalui Metode Role Playing. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), No, Volume 2.

Dimiyati dkk. 1999, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dkk. 1996, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fajri, Suryadi dkk. 2022, Sistem Evaluasi Pembelajaran Blended Learning pada Pembelajaran Sejarah di MAN Kota Solok. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Hakim, Ivan Lukmannul. Implementasi Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Atas Negeri 16 Bandung.

Hidayati.2002, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.

Junaidi. 2011, Modul Pengembangan Evaluasi Pembelajaran PAI. Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam.

Luthfiyyah, Evani. 2023, Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Pembelajaran Ipas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia. repository.upi.edu.

Moedjiono dkk. 1992, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Moleong, Lexy J. 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurdin, Syafruddin dkk. 2016, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Roestiyah. 2012, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 1989, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya. Sudaryono. 2012, Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2013, Metode Penelitian Kombinasi: Mixed Methode. Bandung: Alfabeta.

Sumiati dkk. 2009, Model Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Taniredja, Tukiran dkk. 2013, Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2007, Model Pembelajaran Menciptakan Prose Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Gorontalo: Bumi Aksara.

Carr & kemmis .(1991). materi pokok Penelitian tindakan kelas. Tangerang

Selatan: modul 1-6

Djamaludin. (2019:13). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa

Isriani Hardini. (2012). model pembelajaran Project Based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD

Mahyuddin. (2003). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia dikelas Tinggi Sekolah Dasar . padang : Universitas Negri Padang.

Nurgiyantoro (2020). Penggunanaan model pembelajaran concept Sentence untuk meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan narasi. Jurnal ilmiah pendidikan dasar.01.39

Resmini (2020). Penggunanaan model pembelajaran concept Sentence untuk meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan narasi. Jurnal ilmiah pendidikan dasar.01.39

Sardima (2020) penggunaaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siwa dalam pembelajaran IPA. Jurnal pendidikan dan konseling.1

satini (2016). Analisisi kesalahan pengunaan preposisi pada karangan deskripsi siswa kelas X SMK Negeri 1 Aek Nabara Barumun. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia BASASASINDO. No 1 Tahun 2023. 91.

Semi (2007) Pembelajan Menulis Teks Deskripsi dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe investigasi kelompok di SMP.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 118

Semi dan Finoza (2007). Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi dengan menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi kelompok di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 114-115.

Suprihadi saputro & H. Zainul Abidin & I Wayan sutama. (2010). Strategi pembelajaran. Jakarta: Depertemen pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Susanto. (2014). Teori belajar dan pembelajran disekolah Dasar.Jakarta: kencana.

Tedjo (2007). Pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe investigasi kelompok SMP.113

Tarigan & Hugo Hartig. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa.Bandung : Angkasa.

Tarigan (2008). Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi dengan menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi kelompok di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 114-115.

Tarigan. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa.Bandung : Angkasa

Wardani & Igak. (2018). materi pokok Penelitian tindakan kelas.Tangerang Selatan: modul 1-6.

Yulia, N. M., Asna, U. L., Fahma, M. A., Reviana, P. A., Cholili, F. N., Halimahturrafiah, N., & Sari, D. R. (2025). Use of Game-Based Learning Media Education as An Effort to Increase Interest Elementary School Students Learning. JERIT: Journal of Educational Research and Innovation Technology, 2(1), 38–45. https://doi.org/10.34125/jerit.v2i1.23

Yolanda, N. S., & Laia, N. (2024). Practicality of Mathematics Learning Media Using Applications PowToon. JERIT: Journal of Educational Research and Innovation Technology, 1(1), 27–35. https://doi.org/10.34125/jerit.v1i1.4

Zafari, K. A., & Iskandar, M. Y. (2024). Interactive Multimedia Development With The Autorun Pro Enterprise Ii Application Version 6.0 In Ict Guidance In Secondary Schools. JERIT: Journal of Educational Research and Innovation Technology, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.34125/jerit.v1i1.3

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Safitri, M., & Safrudin, S. (2025). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TERHADAP MATERI IPAS DI UPT SDN 26 PAINAN SELATAN. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 10(3), 1234–1242. https://doi.org/10.34125/jkps.v10i3.856