MENGURANGI PERILAKU AGRESIF MENGGUNAKAN TEKNIK PERILAKU RESPONSE COST PADA ANAK DENGAN ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER

Authors

  • Qorry Khairal Nis'ati Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Marlina Marlina Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34125/jkps.v10i3.857

Keywords:

Teknik Response Cost, Perilaku Agresif, Attention Deficit Hyperactivity Disorder

Abstract

Perilaku agresif merupakan salah satu bentuk gangguan yang sering muncul pada anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), khususnya pada tipe hiperaktif-impulsif. Perilaku ini dapat mengganggu proses pembelajaran dan menciptakan lingkungan kelas yang tidak kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku agresif anak  Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) melalui penerapan teknik modifikasi perilaku  response cost.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen Single Subject Research (SSR) desain AB, yaitu perbandingan antara kondisi baseline (A) dan kondisi intervensi (B). Pemilihan subjek penelitian menggunakan instrument Diagnostic and statistical Manual of Mental Disorder (DSM IV), lembar observasi frekuensi perilaku agresif, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan teknik analisis visual grafik yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan teknik response cost, terjadi penurunan frekuensi perilaku agresif pada subjek. Hal ini membuktikan bahwa response cost efektif digunakan sebagai intervensi untuk mengurangi perilaku agresif pada anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

References

Aprilianto, A., & Fatikh, A. (2024). Implikasi Teori Operant Conditioning terhadap Perundungan di Sekolah. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 77–88.

Cassidy, T., Potrac, P., & Rynne, S. (2023). Understanding sports coaching: The pedagogical, social and cultural foundations of coaching practice. Routledge.

Dwiyanvi, N. M. (2024). Studi Kasus Anak Agresif. DUNIA ANAK:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 07(01), 31–38. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PAUD

Effendy, M., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Agresif Pada Suporter Sepakbola Panser Biru Banyumanik Semarang. Jurnal EMPATI, 7(3), 974–984. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21843

Farisandy, E. D., & Hartini, N. (2020). Efektivitas Modifikasi Perilaku pada Anak dengan Retardasi Mental dan DBD (Disruptive Behavior Disorder). MOTIVA: JURNAL PSIKOLOGI, 2(2), 51–59.

Fitri, S., Luawo, M. I. R., & Puspasari, D. (2016). Gambaran Agresivitas Pada Remaja Laki-Laki Siswa SMA Negeri di DKI Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 155. https://doi.org/10.21009/insight.052.02

Hasanah, H. W., Fatmawati, & Marlina. (2018). Peningkatan Ketahanan Duduk dan Pengurangan Perilaku Meninggalkan Tempat Duduk melalui Teknik Time Out pada Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 26–31.

Hermalindawati, & Marlina. (2021). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Solving pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4361–4368.

Hubungan antara pengetahuan dan sikap WUS terhadap perilaku pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). (n.d.).

Karim, A., Utoyo, S., & Laiya, S. W. (2024). Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Anak Usia Dini di TK Negeri Kihadjar Dewantoro 1. Student Journal of Early Childhood Education, 4(1), 108–119. https://doi.org/10.37411/sjece.v4i1.2055

Marlina, K., & Kusumastuti, G. (2019). Strategi Penanganan Anak ADHD. Jakarta: Prenadamedia Group.

Marlina, M. (2008). Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas Pada Anak. UNP Press. http://repository. unp. ac. id/id/eprint/23539.

Marlina, M. (2018). Aplikabilitas Metode Applied Behavior Analysis untuk Mengurangi Perilaku Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorders). INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(1), 39–52. https://doi.org/10.24090/insania.v16i1.1577

Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.‖ PLB FIP UNP, Padang.

Marlina, M. (2021). Single subject research: Penelitian subjek tunggal. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

McLaughlin, T. F., & Scott, J. W. (1976). The use of response cost to reduce inappropriate behavior in educational settings. Corrective & Social Psychiatry & Journal of Behavior Technology, Methods & Therapy.

Mirnawati. (2020). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. In Deepublish.

Nasuha, M. (2014). ENGARUH LATIHAN SPIKE MENGGUNAKAN TARGET TERHADAP HASIL AKURASI SPIKE PADA CABANG OLAHRAGA BOLA VOLI (Studi Eksperimen pada Atlet Bahana Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahmawati, D. R. (2013). Penerapan modifikasi perilaku dengan metode Differential Reinforcement With Response Cost dalam menurunkan frekuensi perilaku Disruptive. Universistas Indonesia.

Reynolds, L. K., & Kelley, M. Lou. (1997). The efficacy of a response cost-based treatment package for managing aggressive behavior in preschoolers. Behavior Modification, 21(2), 216–230. https://doi.org/10.1177/01454455970212005

Sabrina, N., Husna, C., & Ahyana, A. (2022). Motivasi Response Cost Masyarakat Melakukan Vaksinasi Covid-19 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 6(1).

Sari, V. A. (2010). PERILAKU AGRESIF PADA ANAK YANG MEMILIKI ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SLB MUHAMMADIYAH SURYA GEMILANG KENDAL SKRIPSI Diajukan kepada Universitas Islam Negeri Walisongo guna Memenuhi Salah Satu Persyaratan dalam Menyelesaikan Program.

Setiawan, A. (2010). Penanganan Perilaku Agresif pada Anak. Jassi Anakku, 9(1), 89–96.

Syahputra, D., Harahap, R. I. F., Saragih, M. S., Ramadhan, W., Andini, A., Saragi, M. P. D., & Daulay, A. A. (2023). Peran Orang Tua dalam Mengurangi Perilaku Agresif Anak. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 250–255.

Tentama, F. (2013). Perilaku Anak Agresif: Asesmen Dan Intervensinya. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 6(2). https://doi.org/10.12928/kesmas.v6i2.1057

Downloads

Published

2025-09-25

How to Cite

Nis’ati, Q. K., & Marlina, M. (2025). MENGURANGI PERILAKU AGRESIF MENGGUNAKAN TEKNIK PERILAKU RESPONSE COST PADA ANAK DENGAN ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 10(3), 1189–1198. https://doi.org/10.34125/jkps.v10i3.857