PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWAAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP ISLAM TAHFIZH DARUSSHOMAD 2 KALIJAGA TENGAH TA. 2024-2025
DOI:
https://doi.org/10.34125/jkps.v10i3.884Keywords:
Metode Wordwall, Hasil Belajar, PendidikanAbstract
This study aims to determine whether the wordwall method has an effect on student learning outcomes in Islamic religious education for seventh grade students at SMP Islam Tahfizh Darusshomad 2 Kalijaga Tengah. This study uses a quantitative approach with a quantitative experimental research design. This study was conducted at SMP Islam Tahfizh Darusshomad 2 Kalijaga Tengah. The sample for this study consisted of 30 seventh-grade students. Sampling was conducted using the purposive sampling method. The results of this study indicate that the wordwall method has an effect on student learning outcomes in Islamic Religious Education for seventh-grade students at SMP Islam Tahfizh Darusshomad 2 Kalijaga Tengah. This can be seen from the hypothesis test results which show a significance value (p-value) of 0.000 (smaller than 0.05), so that the alternative hypothesis is accepted and the null hypothesis is rejected. This means that there is a significant difference between the pretest and posttest scores of student learning outcomes after the application of the wordwall method. The difference in the average scores between the pretest and posttest of 6.100 points also shows a significant increase in student learning outcomes. This is reinforced by a t-value of -16.800, which indicates a very significant difference between the results before and after the treatment, with a total of 30 students as respondents.
References
Abdul Rauf, A. A., & Subarkah, A. (2020). Al-Qur’an hafalan mudah Al-Huffaz. Cordoba.
Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 80–81.
Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa. Community Development Journal, 4(2), 3.
Ambarjaya, B. S. (2012). Psikologi pendidikan dan pengajaran. CAPS.
Anisa, A., dkk. (2024). Penerapan media interaktif Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keragaman alam Indonesia kelas VIII-G SMPN 18 Surabaya. Jurnal Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 56–60.
Arief, A. (2002). Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan Islam. Ciputat Press.
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan Word Wall Game Quiz berpadukan Classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 2.
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Asmiati, A., Kasman, M. R., & Amaliah, F. (2024). Penerapan media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 9(2), 28–33.
Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed (A. Fawaid, Terj., Edisi ke-4). Pustaka Pelajar.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 1.
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.
Dotutinggi, M., Zees, A., & Rahmat, A. (2023). Pengaruh pemanfaatan game edukasi Wordwall pada hasil belajar siswa terhadap pembelajaran siswa di sekolah. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(2), 4–5.
Dwi, R. (2022). Pemanfaatan media Wordwall dalam pembelajaran interaktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 112–115.
Dokumentasi Penelitian. (2025, Juli 14). Arsip operator dan catatan observasi penelitian di SMP Islam Tahfizh Darusshomad 2 Kalijaga Tengah. Dokumentasi pribadi peneliti.
Fernando, Y., Susanto, R., & Hidayat, A. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan (Alfihris), 2(3), 7.
Ghazali, I., & Ratmono, D. (2017). Analisis multivariat dan ekonometrika dengan EViews 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Media pembelajaran (M. Rohan, Penerj., Cet. 8). Kencana.
Herta, N., Chairun, B., & dkk. (2023). Pemanfaatan aplikasi game Wordwall dalam pembelajaran untuk menumbuhkan minat belajar siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 3(2), 3–4.
Huda, F., & Anan, A. (2018). Penggunaan model pembelajaran writing in the here and now untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas X di SMA Purwodadi. Jurnal Al-Murabbi, 4(1), 122.
Hidayatullah, R. R., Kamali, M. F., & T,. N. A. (2024). Innovative Dakwah Strategies Through Social Media: Case Study of Islamic Communication Approaches in Indonesia. INJIES: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 16–27. https://doi.org/10.34125/injies.v1i1.3
Hidayati, E., & Hutagaol, B. A.-R. (2025). An Analysis of Hasan Hanafi’s Tafsir Method: Hermeneutics as An Interpretative Approach. INJIES: Journal of Islamic Education Studies, 2(1), 39–48. https://doi.org/10.34125/injies.v2i1.22
Iskandar, M. Y., Nugraha, R. A., Halimahturrafiah, N., Amarullah, T. A. H., & Putra, D. A. (2024). Development of Android-Based Digital Pocketbook Learning Media in Pancasila and Citizenship Education Subjects For Class VIII SMP . JERIT: Journal of Educational Research and Innovation Technology, 1(2), 51–60. https://doi.org/10.34125/jerit.v1i2.13
Islam, I., & Ishaq, M. (2024). Development of Journalism Development Strategies in The Digital Era at Darul Mukhlasin High School. JERIT: Journal of Educational Research and Innovation Technology, 1(2), 71–79. https://doi.org/10.34125/jerit.v1i2.11
Iswandi, I., Syarnubi, S., Rahmawati, U., Lutfiyani, L., & Hamrah, D. (2024). The Role of Professional Ethics Courses in Producing Prospective Islamic Religious Education Teachers with Character. INJIES: Journal of Islamic Education Studies, 1(2), 71–82. https://doi.org/10.34125/injies.v1i2.9
Jogiyanto. (2010). Metodologi penelitian bisnis: Salah kaprah pengalaman-pengalaman. BPFE.
Juliana, D. G., Nurhidayati, R., & Yuliana, S. (2017). Hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 6(1), 50–51.
Krathwohl, D. R., Bloom, B. S., & Masia, B. B. (1964). Taksonomi tujuan pendidikan: Klasifikasi tujuan-tujuan pendidikan. Buku II: Ranah afektif. David McKay Company.
Krathwohl, D. R., Bloom, B. S., & Masia, B. B. (2014). Taksonomi tujuan pendidikan: Domain afektif (A. Fawaid & J. Siddik, Terj.). Pustaka Pelajar. (Karya asli diterbitkan 1964).
Laerd Statistics. (2013). Uji t sampel berpasangan menggunakan SPSS Statistics. https://statistics.laerd.com.
Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan media Word Wall untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 32.
Mukaromah, Z., Zid, M., & Sya, A. (2022). Analisis pengaruh PJBL dan PBL terhadap hasil belajar siswa pada aspek fisik pembelajaran geograf. Jurnal Edumaspul, 6(1), 3.
Mutiaramses. (2021). Neviyarni dan Irda Murni, peran guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 3.
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan media pembelajaran Wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Edukatif, 3(5), 56.
Noviansyah. (2020). Objek assessment, pengetahuan, sikap dan keterampilan. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(2), 142.
Pamungkas, Z. S., Randriwibowo, A., & Farid, M. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif Wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Journal of Social Science Education, 2(2), 5.
Paramansyah, A. (2021). Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII: SMP Islam Nurul Falah Cibalongsari Karawang. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 2–3.
Priyatno, D. (2016). Belajar alat analisis data dan cara pengolahannya dengan SPSS. Gava Media.
Purwanto, N. (2010). Psikologi pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Purwati, E. L. (2013). Panduan memahami kurikulum. Prestasi Pustakarya.
Putri, F. M. (2023). Efektivitas penggunaan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran daring (online) matematika pada materi bilangan cacah kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan (Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Rachman, A. (2017). Psikologi pembelajaran. Laks Bang Pressindo.
Rahajeng, Y., Kartikasari, L., & Wulandari, M. (2017). Efektivitas penggunaan media dinding kata untuk meningkatkan kosakata berbasis sains siswa dengan disabilitas pendahuluan. Journal of Special Education Research, 2(2), 3.
Rahma, L., Widyaningrum, H. K., & Suryani, L. (2024). Penggunaan media pembelajaran Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Patihan Kota Madiun. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1533–1541.
Rindiantika, Y. (2022). Motivasi belajar siswa dan pemanfaatan media Word Wall: Kajian teori. Jurnal Intelegensia, 7(2), 2.
Ristanti, M. D., Puspitoningrum, E., & Karimatussalamah, S. (2025). Implementasi media pembelajaran Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri Banjaran I Kota Kediri. Jurnal Pendidikan UNIGA, 19(1), 73–83.
Rizky, M., Wahyuni, D., & Zainal, R. (2023). Revitalisasi pendidikan: Pengaruh metode pembelajaran Nabi Muhammad terhadap motivasi belajar siswa MI era 5.0. Jurnal Basicedu, 7(5), 37.
Rukmini, D., & Sari, I. (2023). Evaluasi pembelajaran: Teori dan aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2011). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya (Cet. ke-6). Raja Grafindo Persada.
Saftari, & Fajriah. (2019). Penilaian ranah afektif dalam bentuk penilaian skala sikap untuk menilai hasil belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan, 7(1), 76.
Saraswati, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran elektronik (e-learning) berbasis situs web untuk meningkatkan motivasi belajar koperasi siswa kelas XII IPS SMA Negeri Pajangan. (Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta).
Sartika, R. (2017). Implementing Wordwall strategy in teaching writing descriptive text for junior high school students. Journal of English and Education, 5(2), 182–183.
Sentani, A. D., Yudianto, A., & Rahmat, D. (2022). Implementasi game Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 4(1), 12.
Setyawati, E., Ngadiman, & Haryanto, A. (2021). Penerapan model explicit instruction (EI) berbantu media jobsheet untuk meningkatkan hasil belajar komputer akuntansi kelas XI AKL. Jurnal Tata Arta, 7(1), 2.
Simaremare, A., & Purba, N. (2021). Metode cooperative learning tipe jigsaw dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Widina Bhakti Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sobari, F. (2017). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Jonggol [Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta].
Sofa, M. (2024). Metode pendidikan Agama Islam dalam perspektif Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 44.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cet. ke-23). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta.
Sutrisno Hadi. (2004). Metodologi research. Yogyakarta: Andi.
Syah, M. (2004). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Remaja Rosdakarya.
Syarifuddin, A. (2003). Penerapan model pembelajaran cooperative belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Ta’dib, 1(16), 3.
Syarifudin, A. (2011). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. A’Dib, 14(1), 12–16.
Thoifuri. (2007). Menjadi guru inisiator (Cet. I). Rasail.
Ulfah, & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 4–6.
Wajdi, F., Suryana, A., & Hamdani, A. (2024). Penelitian kuantitatif. Widina Media Utama.
Widowati, A., Rizkiyah, A., & Mulyani, R. (2022). Mengukur kemampuan berhitung melalui metode fun game Wordwall pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar Strada Kampung Sawah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 6(4), 2957–2964.
Wulandari, D., Yusnita, N., & Susilowati, D. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist untuk meningkatkan minat belajar siswa di MAN Seluma Kab. Seluma Provinsi Bengkulu. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 2–3.
Zahroh, P. N., Yusuf, W. F., & Yusuf, A. (2024). Penggunaan media Wordwall dalam evaluasi pembelajaran. OJS UNIDA, 8(1), 8.
Zainudin, & Ubabuddin. (2021). Ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai objek evaluasi hasil belajar peserta didik. Islamic Learning Journal, 5(2), 5–8.
Zakiah, & Khairi, F. (2019). Pengaruh kemampuan kognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Selaparang. Jurnal PGMI, 11(1), 6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











